Kemudahan akses internet saat ini, membuat siapa saja bisa mengakses segala informasi yang dia butuhkan, termasuk tentang info lowongan kerja yang bisa dilamar oleh sang pencari informasi. Banyaknya situs atau website yang menyediakan info seperti ini, memang akan sangat membantu kita, namun bersikap selektif terhadap segala informasi yang diberikan oleh website tersebut, tentu juga harus tetap kita lakukan. Ini disebabkan karena hampir semua website yang menyediakan informasi tentang pekerjaan, biasanya tidak bertanggung jawab terhadap adanya penipuan yang terdapat di websitenya.

Pada dasarnya, website penyedia informasi mengenai pekerjaan tersebut hanya sekedar membagikan informasi yang dimiliki oleh setiap orang anggotanya, dalam hal ini adalah pihak yang membutuhkan pegawai atau karyawan untuk bekerja padanya, tanpa adanya filter tentang kebenaran informasi tersebut. Oleh sebab itulah, setiap informasi haruslah kita saring dengan baik, agar tidak membawa dampak yang buruk di kemudian hari. Adapun untuk dapat memilih informasi mengenai pekerjaan yang tepat, anda perlu memperhatikan hal-hal berikut.

Cari tahu tentang pembuat informasi
Mencermati tentang si pembuat informasi tentang adanya pekerjaan tersebut, adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Apakah dari sebuah perusahaan atau hanya berasal dari perorangan saja yang membutuhkan karyawan. Bila dari sebuah perusahaan, maka cari tahu mengenai alamat serta keberadaan perusahaan tersebut dari internet atau media lain, kemudian lakukan kontak dengan pihak perusahaan tersebut apakah memang dibutuhkan karyawan disana. Bila dari perorangan, pastikan bahwa kontak orang tersebut bisa dihubungi dengan mudah, sebagai tanda bahwa dia memang serius ingin mencari karyawan.

Kenali jenis pekerjaan yang ditawarkan, tanggung jawab dan juga resikonya
Setelah mengetahui tentang pembuat informasi, maka pahami jenis pekerjaan yang ditawarkan. Apakah anda akan bisa melaksanakan tanggung jawab yang akan diberikan serta bagaimana resikonya? Bila ternyata jenis pekerjaan bukan spesialisasi anda atau mempunyai beban tanggung jawab yang sekiranya akan memberatkan anda maka perlu dipikirkan lebih lanjut. Berikut beberapa contoh pekerjaan yang sering ditawarkan pada internet:

•    Lowongan pekerjaan penulis lepas atau translator,
•    Lowongan staff administrasi atau tugas-tugas perkantoran,
•    Lowongan sales,
•    Lowongan menjadi karyawan.

Jangan mudah tergiur pendapatan besar
Sering kita lihat terdapat sebuah informasi mengenai adanya sebuah lapangan pekerjaan yang dibumbui dengan embel-embel penghasilan besar setiap bulan atau bahkan mungkin setiap hari. Meskipun tidak semuanya salah, namun ada baiknya bila anda juga memperhatikan bagaimana job description yang akan anda jalani pada pekerjaan tersebut. Bila dengan deskripsi pekerjaan yang ringan tapi anda sudah diiming-imingi dengan penghasilan besar, bahkan untuk pendaftaran anda harus membayar dulu, bisa dipastikan anda sedang memasuki jaring penipuan yang bisa merugikan anda.

Syarat pengajuan lamaran yang wajar
Sebuah informasi tentang pekerjaan yang baik pasti dia akan mensyaratkan tentang hal-hal yang wajar, seperti ijazah, sertifikat keahlian, kartu identitas atau yang lainnya. Bahkan ada yang mengharuskan anda membawa porto folio pekerjaan sebelumnya, tentu hal seperti adalah wajar dan bisa dipercaya, daripada tanpa ada persyaratan apapun tapi anda langsung diterima.

Bila anda dirasa menemukan sebuah informasi tentang adanya lapangan pekerjaan yang tepat, segera siapkan persyaratan yang harus dilengkapi, kemudian kirimlah lamaran dengan baik. Semakin cepat anda mengirimkan lamaran, maka pihak pembuat informasi akan menaruh hormat atas minat anda. Oleh sebab itu, baik itu informasi mengenai lamaran pekerjaan pada perorangan, perusahaan ataupun sebuah lamaran bank sekalipun anda haruslah dikirim sesegera mungkin agar bisa menjadi nilai tambah untuk anda.

comments