Jakarta adalah kota metropolitan terbesar di Asia tenggara yang mempunyai jumlah penduduk sangat padat. Sebagai Ibukota negara Indonesia,Jakarta merupakan pusat pemerintahan,pusat kebudayaan sekaligus sebagai pusat bisnis. Salah satu bisnis yang sedang meningkat di Jakarta adalah perdagangan mobil. Semakin meningkatnya taraf ekonomi masyarakat Jakarta dikelas menengah sampai atas mendorong meningkatnya mobil dijual di Jakarta. Selain sebagai kendaraan operasional yang mempermudah mobilitas,mobil juga digunakan sebagai salah satu lambang dari kesuksesan seseorang bahkan ada yang beranggapan semakin mahal mobil yang dinaiki seseorang semakin sukses atau kayanya seseorang.

Keinginan untuk tampil lebih gaya dan percaya diri sampai keamanan juga dijadikan alasan orang untuk membeli mobil. Banyak merk mobil menawarkan berbagai model dengan keunggulannya masing-masing.Namun sebelum membeli mobil yang diinginkan diperlukan pengetahuan yang cukup sehingga tidak terjadi penyesalan dikemudian hari diantaranya:

1.Mencari informasi mobil yang akan dipilih.
Mempunyai informasi sebanyak-banyaknya tentang spesifikasi dan fitur mobil yang akan dipilih sangat penting untuk meminimalisir kekecewaan terhadap produk yang akan dipilih. Jenis yang dipilih seharusnya sesuai dengan kebutuhan anda.Hal lain yang harus diketahui yaitu tentang keunggulan produc seperti irit dan jenis bahan bakar,kemudahan suku cadang,biaya service yang kompetetif,bengkel resmi,jaringan luas dll. Jangan sampai tergiur dengan iklan dan penawaran harga murahnya saja.

2.Anggaran dana dengan jenis mobil.
Setelah memilih jenis dan model yang diinginkan maka jenis pembayaran harus disesuaikan dengan kemampuan. Penentuan jenis dan model mobil yang diinginkan disesuaikan dengan anggaran dana atau isi kantong merupakan hal terpenting sebelum kita membeli mobil agar tidak terjadi overbudgeting,mengingat masih banyak biaya yang harus dikeluarkan setelah mobil terbeli seperti cicilan bulanan,service berkala,dan pajak tahunan.

3.Jenis pembayaran
Tingkat ekonomi masyarakat berbeda. Bagi yang memiliki dana yang cukup bahkan mampu,tidak ada salahnya membeli dengan cara tunai. Namun bagi yang tidak mampu membeli secara tunai atau masih ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi maka membeli secara kredit adalah cara alternatif yang bijak dan tepat.

4.Pemilihan dealer dan perusahaan pembiayaan
Semakin meningkatnya bisnis penjualan mobil maka semakin merebaknya dealer mobil. Dalam bersaing untuk menarik konsumen tentunya dealer-dealer tersebut banyak menawarkan berbagai manfaat tambahan. Tidak salahnya sebelum memilih Mobil dijual di Jakarta kita memastikan dengan benar dan crosscheck terlebih dahulu. Sedangkan untuk pembayaran secara kredit pilihlah perusahaan yang terpercaya dan yang memberikan harga bersaing untuk membiayai pembelian mobil anda.

5.Pertimbangan harga jual
Sangatlah wajar jika mempertimbangkan harga jual sebelum membeli mobil hal itu dimaksudkan untuk meminimalisirkan kekecewaan kerugian saat kita hendak menjual kembali mobil yang sudah kita beli karena harganya yang turun drastis. Di masyarakat pada umumnya mobil buatan jepang dipercaya lebih terkenal dengan harga jual yang lebih tinggi daripada mobil buatan negara lainya.

6.Test drive
Untuk mengetahui performa dan kenyamanan mobil yang akan kita beli maka seharusnya kita test drive terlebih dahulu. Jangan sampai kita tergiur hanya dengan tampilan tanpa meperhatikan performa mobil yang akan kita beli.

7.Asuransi
Sedia payung sebelum hujan merupakan peribahasa yang bisa kita pakai untuk kali ini. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan misalnya kecelakaan atau hal yang tidak kita inginkan lainnya tidak salahnya kita mengasuransikan mobil kita. Jika kita melakukan pembelian secara kredit biasanya harga sudah termasuk asuransi untuk jangka tertentu.Tetapi untuk pembelian tunai biaya asuransi dibebankan kepada pembeli. Pilihlah asuransi yang sudah terpercaya demi keamanan dan kenyamanan kita.

Hal terpenting dalam membeli mobil sebenarnya adalah sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda. Cermat,teliti,dan cerdas sebelum membeli merupakan modal agar tidak kecewa atas pilihan anda. Tertib di jalan dan berhati-hatilah. Keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara adalah kunci utama.

comments