Pasangan pengantin baru tentu memulai kehidupan rumah tangga dengan perasaan bahagia. Sebab proses dalam membangun rumah tangga sudah melalui tahapan yang panjang dan tidak mudah. Namun bukan berarti tantangan selesai ketika kamu sudah menikah.

Salah satu tantangan terbesar bagi pasangan pengantin baru adalah cara mengatur keuangan rumah tangga. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kondisi keuangan relatif stabil. Cara-cara tersebut antara lain :

Menetapkan Prioritas Terlebih Dahulu
Setiap rumah tangga harus punya prioritas dalam berbagai hal, termasuk untuk urusan keuangan. Memiliki rumah pribadi adalah prioritas yang wajib diutamakan. Sementara hal-hal lain berupa kendaraan pribadi, perabot rumah tangga, dan rencana liburan bisa diwujudkan bila sudah punya rumah. Sebab rumah bukan hanya tempat tinggal, melainkan juga menjadi objek investasi yang nilainya terus meningkat sepanjang tahun.

Menyiapkan Tabungan Khusus
Tabungan keluarga sebaiknya disiapkan secara khusus. Kamu dan pasanganmu bisa membuat satu tabungan khusus untuk menyimpan dana keluarga. Jangan sampai kamu atau pasanganmu menggunakan uang di tabungan khusus tersebut untuk hal-hal yang tidak penting. Kamu dan pasanganmu mesti mendahulukan prioritas yang sudah kalian tetapkan.

Saling Terbuka Tentang Pendapatan
Pasangan suami istri mesti saling terbuka satu sama lain tentang pendapatan. Dengan demikian, total pendapatan bisa dialokasikan untuk banyak kebutuhan. Rumah tangga baru tentu harus dibangun secara mandiri dan cermat. Oleh sebab itu, kamu dan pasanganmu harus sering berkomunikasi mengenai pendapatan kalian, ya. Membuat keputusan finansial di rumah pun akan jadi lebih mudah.

Jangan Lupa Mencatat Anggaran Rumah Tangga
Anggaran pendapatan dan pengeluaran rumah tangga mesti dicatat secara lengkap setiap bulan. Supaya kamu dan pasanganmu bisa mengontrol kondisi keuangan dengan mudah. Melalui catatan anggaran rumah tangga, kamu dan pasanganmu juga bisa meminimalkan pengeluaran yang tidak terlalu penting. Nanti kamu akan menyadari bahwa sisa tabungan bisa bertambah bila pengeluaran rumah tangga diminimalkan.

Belanja Online Secara Hemat
Kebiasaan belanja online tidak akan bikin kamu dan pasanganmu jadi boros kok. Karena kamu bisa menyiasatinya dengan cara memanfaatkan diskon atau menggunakan sistem belanja online cashback. Langsung saja mengakses https://www.hadiah.me/ kalau mau belanja hemat dengan sistem cashback.

Hadiah.me sudah bekerja sama dengan beberapa toko online besar di Indonesia. Kamu dan pasanganmu bisa belanja hemat dan mendapatkan cashback dalam bentuk transfer antar bank atau e-money. Penawaran cashback-nya tentu sangat istimewa dan bikin kamu jadi mudah berhemat. Jangan ragu untuk segera mengakses Hadiah.me dan merasakan pengalaman belanja online yang lebih menyenangkan, ya.

Mulai Berinvestasi
Selain investasi dalam bentuk rumah pribadi, pasangan pengantin baru juga bisa mempertimbangkan jenis investasi lainnya. Misalnya emas, reksadana, dan kepemilikian objek properti lainnya. Semakin cepat kamu berinvestasi, maka semakin cepat pula kamu merasakan manfaatnya di masa mendatang.

Menyiapkan Dana Tak Terduga
Dana tak terduga juga mesti disiapkan ketika kamu mulai berumah tangga. Hal ini patut dilakukan sebagai langkah antisipasi bila ada kejadian tak terduga. Jika kamu berhenti bekerja, ada anggota keluarga yang terkena musibah, atau ada kejadian lain di luar dugaan, maka dana tak terduga itu bisa digunakan. Ketersediaan dana tak terduga akan membuat kondisi finansial keluarga kecilmu relatif stabil di masa kini dan masa mendatang.

Sebenarnya berhemat bukanlah hal yang sulit bagi pasangan pengantin baru. Belajar mengelola keuangan dengan cermat akan bikin kamu lebih terbiasa. Nanti tak akan ada cerita bahwa keluargamu mengalami gangguan kondisi finansial akibat pengelolaan keuangan yang kacau. Sudah waktunya membangun keluarga modern bahagia yang cermat mengatur keuangan.

comments