simpleaja.com – Saat ini sistem dan alat pembayaran semakin beragam, mulai dari uang kertas,kartu kredit hingga akun virtual yang menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Jauh sebelum dikenal uang, manusia melakukan perdagangan dengan cara barter yakni saling bertukar barang sehingga bermanfaat bagi kedua belah pihak. Namun terkadang tak hanya barang, jasa pun bisa saja dipetukarkan dengan barang lainnya.

Seiring waktu model transaksi barter tak lagi mengakomodasi kebutuhan dan tidak fleksibel. Kekurangan barter yaitu:

  • Susah menemukan barang yang kita butuhkan dengan tepat. Contohnya, disaat kita membutuhkan pertukaran beras malah yang kita dapat pertukaran lauk pauk.
  • Harga yang di dapatkan tidak seimbang. Sulit untuk menentukan ukuran baku.
  • Kesulitan menemukan orang yang saling membutuhkan barang secara bersamaan.
  • Tidak praktis.

Selangkah lebih maju, sekarang kita mengenal sistem pembayaran elektronik yang didukung oleh semakin meluasnya penggunaan komputer dan perkembangan internet yang semakin cepat, menciptakan sistem pembayaran yang jauh lebih murah, mudah dan efisien dari segi waktu dibandingkan sistem pembayaran dengan menggunakan uang fisik. Mudahnya menggunakan internet banking, tidak hanya biaya yang dapat dihemat, proses pembayaran hampir dapat dikatakan sangat cepat dan menjadi menyenangkan tanpa perlu mengantri. Pada tahap perkembangan terakhir bahkan pembayaran elektronik dapat dilakukan dengan mudah melalui telepon genggam (handphone).

Semakin mudahnya melakukan pembayaran juga membuat bisnis online semakin berkembang pesat, online shop maupun situs e-comerce lain banyak bermunculan berlomba-lomba untuk mendapatkan konsumen. Tidak perlu lagi berdesakan di toko untuk membeli barang impian, kini hanya perlu akses internet sudah bisa memesan apa yang kita butuhkan.

Bagaimanapun manusia terus berkembang dan berinovasi menuju kehidupan yang lebih baik. Seperti sistem dan alat pembayaran yang juga terus menyesuaikan dengan jaman dan mencoba memberikan pengalaman-pengalam baru yang pada akhirnya akan membuka peluang-peluang bisnis lain yang belum pernah dibayangkan. Apa yang akan terjadi dimasa depan ? kita tak pernah tahu, dan semoga saja kebaikan dan terobosan terus terjadi dan membawa perubahan positif bagi kehidupan manusia.

comments