BERBAGI

Angka penjualan motor kian meningkat dari tahun ke tahun. Karena jenis kendaraan yang satu ini dianggap paling efisien untuk menghadapi kemacetan di kota-kota besar. Kita bebas melakukan manuver dan melewati jalan-jalan kecil jika menggunakan motor untuk aktivitas sehari-hari.

Bukan hanya motor baru yang diminati, motor bekas pun memiliki banyak penggemar. Tak jadi masalah kalau kita ingin membeli motor bekas. Karena variannya sangat beragam dan harganya cukup terjangkau. Jika ingin membeli motor bekas dalam waktu dekat, sebaiknya kita mencermati panduan ini terlebih dahulu:

Mencari Tahu Harga Pasaran Motor

Setiap tipe motor memiliki standar harganya masing-masing. Ada tipe motor yang sangat diminati sehingga harga produk bekasnya pun tergolong tinggi. Namun ada pula yang harganya lebih terjangkau dan cocok dengan budget kita. Tipe motor yang penjualannya tinggi biasanya sangat diminati karena ketersediaan spare part-nya mudah didapat.

Memeriksa Kesesuaian Nomor Rangka Motor

Agar tak terjebak membeli motor curian, kita wajib memeriksa kesesuaian nomor rangka motor dengan identitas motor pada BPKB atau STNK. Namun kita juga harus berhati-hati karena banyak penadah motor curian yang sering mengubah nomor rangka motor. Ada beberapa provinsi di tanah air yang memiliki fasilitas pengecekan nomor rangka motor secara online. Kita tinggal memasukkan nomor rangka motor dan memeriksa legalitas motor tersebut.

Mengamati Kondisi Fisik Motor Secara Teliti

Kondisi fisik motor juga wajib menjasi pertimbangan utama jika ingin membeli motor bekas. Pastikan kalau kondisi bannya masih baik, body minim goresan, lampu masih menyala, dan sejumlah ciri fisik lainnya. Pengguna motor yang cermat pasti memiliki motor bekas dengan kualitas istimewa. Sehingga kita tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki motor.

Jangan Lupa dengan Kebocoran Oli

Jangan mengabaikan kebocoran oli pada motor. Sebab hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi mesin secara keseluruhan. Kita harus mengamati kondisi oli motor dengan cermat untuk memastikan bahwa oli motor bisa memperlancar kinerja mesin dengan baik.

Mengecek Sistem Kelistrikan Motor

Sistem kelistrikan motor memegang peranan penting bagi performa motor secara keseluruhan. Kita harus mengecek sistem starter motor, lampu, kualitas aki, klakson, dan komponen penting lainnya. Kualitas aki motor yang prima akan mendukung kualitas motor dan membuat kita leluasa ketika mengendarainya.

Harus Melakukan Test Drive

Sama seperti membeli mobil  bekas, kita juga wajib melakukan test drive saat membeli motor bekas. Hal ini akan membuat kita mudah mengidentifikasi kualitas motor bekas secara keseluruhan. Cobalah menyalakan dan mengendarai motor dalam waktu agak lama sebelum menyimpulkan kualitas mesin motor tersebut.

Budget pas-pasan tak akan menghalangi kita untuk memiliki motor. Segera siapkan budget-nya lalu pilihlah motor bekas dengan cermat. Ada marketplace online terpercaya yang dapat memfasilitasi jual beli motor terlengkap secara praktis. Rutinitas harian pasti semakin lancar dengan motor andalan yang kita pilih.

 

comments