BERBAGI

Istilah diskon atau potongan harga memang menjadi hal yang sangat menarik bagi konsumen, hal ini juga banyak dijadikan sebagai sarana marketing oleh para produsen untuk menjual barang-barang mereka agar laris manis di pasaran. Pastinya banyak diantara Anda yang sudah tak begitu asing dengan hal yang satu ini bukan. Untuk mendapatkan barang belanjaan dengan harga terjangkau, maka menunggu moment big sale atau diskon besar-besaran bukan, biasanya akan datang ketika sudah memasuki akhir bulan atau akhir tahun.

Berbagai pilihan produk akan dijual dengan harga yang lebih miring. Namun patut untuk Anda ketahui juga bahwa tak semua harga yang ditawarkan diskon tersebut adalah yang sebenarnya, selektif dalam membeli barang ketika moment big sale tersebut. Sehingga nantinya konsumen tak merasa dirugikan dengan keberadaan diskon fiktif. Adapun beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut, diantaranya adalah:

  1. Cek terlebih dahulu pasaran harga produknya, langkah utama yang Anda lakukan ketika akan membeli sebuah produk yang ditawarkan dengan harga diskonan adalah dengan mengecek terlebih dahulu pasaran harganya, mengingat ada sebuah diskon fiktif dimana sebelumnya penjual telah menaikkan harga terlebih dahulu sebelum nantinya menurunkannya kembali. Sehingga terlihat lebih murah. Untuk itu cara paling mudahnya adalah dengan mengecek pasaran harga produk tersebut.
  2. Cerdas juga dalam menghitung jenis diskon yang diberikan, ada nominal diskon 70%, namun juga ada jenis diskon 50 +20%, pastikan Anda tak salah dalam menghitungnya, karena nominal yang tertera berbeda, ketika Anda dapatkan diskon sebesar 70% nilainya memang tinggi, namun berbeda dengan nilai 50+20% dimana harga barang akan dipotong 50% terlebih dahulu sebelum nantinya akan dipotong dengan 20%.
  3. Cermat juga dalam melihat tanggal yang tertera untuk promo tersebut, karena tak jarang diantaranya yang memberikan promo hanya beberapa hari saja, ketika sudah melewati batasan hari tersebut, maka nantinya harga barang sudah tak lagi dalam kondisi diskon atau potongan harga.
  4. Ketika mendapatkan sebuah voucher untuk diskonan, maka ketahui juga adakah minimal barang yang harus dibeli, atau nominal pembelian untuk menggunakan voucher tersebut, karena tak jarang diantaranya voucher yang bisa digunakan untuk nominal pembelian yang cukup tinggi, misalnya adalah 300 ribu rupiah atau 400 ribu rupiah. Sehingga untuk berbelanja barang di bawahnya tidak bisa memakai voucher.

Setidaknya itulah beberapa cara cerdas yang bisa Anda gunakan untuk menghindari potongan harga menjebak yang sering kali ditawarkan oleh sebuah toko. Menjadi konsumen haruslah cerdas sehingga pengeluaran Anda nantinya juga tak terlalu membengkak, cermat dalam menghitung jumlah barang yang Anda beli dan nominal harganya, jangan asal langsung beli.

 

 

comments