BERBAGI

Matcha, siapa yang tak mengenal matcha? Matcha merupakan salah satu jenis teh bubuk yang berasal dari Jepang. Matcha biasa digunakan dalam upacara teh di Jepang. Matcha dibuat dari daun teh yang tumbuh di bawah teduh. Persiapan yang dilakukan untuk menanam matcha berlangsung beberapa minggu sebelum menebar benih, dengan membangun peneduh agar tanaman teh tidak terkena sinar matahari langsung. Proses ini menyebabkan daun teh tumbuh dengan lambat, menghasilkan warna daun yang lebih gelap dan produksi amino acid yang membuat rasa teh menjadi lebih manis. Hanya daun teh terbaik yang dipetik lalu diproses hingga menjadi matcha.

Untuk membuat 30 gram bubuk matcha dibutuhkan waktu hingga satu jam. Makanan minuman yang berbahan dasar matcha saat ini sedang banyak digemari oleh para pecinta kuliner, khususnya pecinta matcha. Bukan karena tampilannya yang cantik, rasa yang dikeluarkan matcha pun cukup dapat memanjakan lidah para penikmatnya. Namun, selain karena tampilannya yang cantik dan rasanya yang nikmat, matcha juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Gimana? Tertarik untuk mencoba?

Menurut penelitian, bahwa minuman matcha lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan teh hijau biasa. Matcha memang dinilai baik bagi kesehatan karena matcha memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang cukup tinggi. Namun ternyata tak hanya itu. “Salah satu kandungan dalam matcha yang disebut dengan EGCG (epigallocatechin gallate) telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan menghentikan pertumbuhan sel lemak,” kata Cynthia Pasquella, seorang nutrisionis asal Los Angeles. EGCG adalah senyawa antioksidan catechin yang melimpah dalam teh hijau, dan seringkali juga tdapat ditemukan di dalam teh hitam, teh oolong, dan apel.

Manfaat matcha untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat dari teh hijau biasa. Karena, tanpa disangka, matcha memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menghentikan pembentukan jaringan lemak pada tubuh. Dengan mengkonsumsi segelas matcha setiap harinya, dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori.

comments