BERBAGI

Orang tua zaman sekarang boleh sedikit merasa beruntung jika dibandingkan dengan para orang tua generasi dahulu. Kenapa bisa demikian ? karena saat ini mereka bisa dengan mudah menemukan informasi parenting dari internet, Ataupun mengikuti grup-grup di social media untuk sharing masalah-masalah sang buah hati. Tetapi hal negatif dari semua ini adalah para orang tua bisa terjebak dalam cara ataupun tips “hoax” jika tidak pandai memilih sumber-sumber terpercaya.

Jangan mudah termakan isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan, misalkan pesan berantai dari grup whatsap ataupun status facebook yang sekedar klik & share. Kebanyakan isu tersebut disebarkan untuk tujuan yang buruk, yang terpenting lihat sumbernya dengan teliti. Biasakan kroscek dan membaca berbagai referensi sebelum memutuskan info tersebut valid. Karena sang buah hati kita sangat berharga, jangan sampai menjadi korban tips yang tidak bertanggung jawab.

Tips Mendidik Anak agar sang buah hati tumbuh kembang dengan baik, tidak hanya fisiknya tetapi juga cara berfikir dan perilakunya yang positif. Jangan biasakan anak untuk memaksakan kehendak untuk mencapai kemauannya, ajarkan ketegasan agar mereka tidak manja dan mengamuk ketika menginginkan sesuatu. namun walaupun tegas, kita tetap memberikan perhatian yang optimal dan selalu berbicara dengan terbuka. Kejujuran adalah sifat terbaik yang harus ada pada sang buah hati, Jangan membiasakan anak tertutup tentang perasaan mereka.

Kebahagian seorang anak akan semakin lengkap apabila orang tua mereka menunjukkan kasih dan perhatian pada saat anak membutuhkannya. Bukan hanya hal-hal besar tetapi hal-hal kecil yang menunjukan Kepedulian orang tua akan sangat membekas di fikiran si kecil dan menjadi memori yang indah dan akan selalu dikenangnya sampai besar kelak.

Perhatian bukan hanya tentang mencukupi kebutuhan materi atau barang-barang kesukaan anak, tetapi juga dalam sikap kita kepada mereka, seperti menyempatkan diri untuk “me time” dengan sang buah hati, walaupun hanya sekadar duduk di sebelah mereka. Menjadi orang tua, adalah amanah yang sangat mulia yang dipercayakan Tuhan untuk kita. Maka dari itu, jadilah orang tua yang betanggung jawab dan merawat sang buah hati dengan segenap kekuatan dan daya agar ia senantiasa tumbuh dengan baik. Jika sudah demikian kehadirannya akan memberikan sukacita ditengah keluarga.

comments