BERBAGI

Perayaan Imlek memiliki tujuan tersendiri terutama bagi warga beretnis Tionghoa. Perayaan tersebut memiliki makna ungkapan rasa syukur dan juga harapan dan doa untuk mendapatkan rejeki yang berlimpah di tahun yang akan datang. Imlek juga bertujuan untuk menyambungkan tali silaturahmi bagi kerabat, dan saudara.

Tahun baru Imlek identik dengan tradisi-tradisi yang berasal dari China yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa dimanapun berada. Perayaan Imlek selalu khas dengan dekorasi rumah dengan dominasi warna merah, angpao, kue Imlek, baju Imlek, dan makan-makan bersama keluarga. Untuk itu, dalam perayaannya setiap warga Tionghoa selalu berbelanja secara besar-besaran untuk menyambut tamu. Ada juga diskon Imlek yang banyak diberikan oleh toko-toko, mall, supermarket, dan toko online.

Dengan adanya diskon Imlek tentu akan memanjakan warga sehingga bisa berbelanja dengan harga yang murah. Sehingga warga Tionghoa bisa mempersiapkan tradisi-tradisi yang berlaku terutama di Indonesia dengan persiapan yang matang tanpa khawatir dengan budget yang minim. Tradisi-tradisi Imlek yang ada di Indonesia antara lain:

1. Bersih-bersih rumah.
Kotoran di dalam rumah dianggap sebagai simbol kesialan. Untuk itu, sebelum merayakan Imlek, warga Tionghoa melakukan bersih-bersih rumah untuk menghilangkan kesialan. Selain itu, rumah yang bersih tentu saja akan membuat tamu semakin nyaman berlama-lama di rumah Anda. sebab, di hari Imlek akan banyak tamu dari keluarga dan sahabat yang berkunjung.

2. Dominasi warna merah.
Masyarakat Tionghoa percaya bahwa saat tahun baru Imlek akan ada Nian yaitu makhluk buas yang akan mengganggu anak-anak. Untuk menangkalnya maka rumah, pakaian, dan juga aksesoris wajib didominasi dengan warna merah.

Untuk mendekorasi rumah dengan aksesoris Imlek, Anda bisa memanfaatkan diskon Imlek di situs belanja online Bhinneka. Ada juga diskon Imlek yang diberikan oleh situs belanja online Blibli untuk berbagai kebutuhan Imlek. Berbagai produk fashion khas Imlek dengan dominasi warna merah juga tersedia di MatahariMall.

3. Berbagi angpao.
Orang dewasa wajib memberikan angpao (amplop berwarna merah) yang diisi uang dengan jumlah tertentu kepada anak kecil dan orang yang masih berstatus lajang. Jumlah uang yang diisi ke dalam angpao tidak harus dalam jumlah yang besar dan dilarang menggunakan uang logam.

4. Menyiapkan makanan Imlek.
Makanan khas Imlek yaitu kue keranjang dan jeruk. Di atas nampan yang berbentuk bulat, segi enam atau segi delapan akan ditaruh makanan seperti permen, buah kering, biji-bijian, dan juga kacang-kacangan. Makanan keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa adalah mie yang tidak dipotong, dan kue bola dengan bentuk uang.

Makanan khas Imlek bisa dibeli di Giant, Carrefour, Blanja.com, dan masih banyak lagi dengan harga yang terjangkau dengan adanya diskon Imlek.

5. Saling berkunjung.
Agar tali silaturahmi tidak putus maka saling mengunjungi adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan. Banyak masyarakat Tionghoa yang pulang ke kampung halaman untuk mengunjungi orang tua dan sanak saudara. Dengan menggunakan promo dan diskon Imlek dari Traveloka.com untuk mendapatkan tiket murah pada bulan Februari nanti. Moment Imlek tentu saja harus Anda manfaatkan juga untuk berlibur bersama keluarga.

6. Menyalakan kembang api.
Suara gaduh yang dihasilkan dari kembang api dipercaya oleh masyarakat Tionghoa bisa mengusir makhluk buas yang bernama Nian. Selain itu, kembang api juga bisa menyemarakkan suasana Imlek.

Itulah beberapa tradisi Imlek yang ada di Indonesia dan juga diskon Imlek yang ditawarkan oleh beberapa mall, toko, dan juga toko online. Manfaatkan diskon Imlek untuk membuat perayaan Imlek Anda semakin spesial.

comments