BERBAGI

Indonesia menyimpan beragam kekayaan alam yang terbilang unik. Tempat wisata yang tak bisa Anda jumpai di belahan dunia manapun, bisa Anda jumpai di Indonesia. Alam yang membentang dari Sabang hingga Merauke membuat pilihan tempat wisata kian beragam. Sayangnya tak sedikit wisatawan lokal yang enggan mengunjungi keindahan tersembunyi tersebut. Alih-alih mengunjungi destinasi wisata yang unik, seringkali pengunjung memilih kota wisata terkenal. Sebut saja Bali, Lombok, Yogyakarta atau Surabaya yang sudah padat oleh pengunjung dari seantero negeri.

Agar liburan Anda ke tempat-tempat wisata tak membosankan, cobalah sesekali mengunjungi beberapa destinasi wisata unik berikut ini:

  • Blue fire, kawah Ijen

Tak kalah indah dari kawah lainnya di belahan dunia lain, kawah Ijen menawarkan pemandangan menakjubkan. Blue fire atau cahaya biru hanya bisa Anda jumpai disini, satu-satunya di Indonesia. Bahkan di dunia pun hanya ada 2 lokasi untuk menikmatinya dan salah satunya adalah kawah Ijen. Berada di kota Banyuwangi, blue fire dapat dinikmati ketika memasuki dini hari. Untuk mencapai lokasi tersebut, Anda harus trekking selama beberapa menit. Selain pemandangan blue fire, Anda pun akan disajikan pemandangan penambang yang berlalu lalang di sekitar Ijen.

  • Kadal raksasa, pulau Komodo

Hanya ada di Indonesia, keberadaan reptil ini sangat memukau perhatian para wisatawan. Meskipun termasuk hewan dilindungi, komodo disini bisa Anda lihat dari habitat aslinya. Dengan ranger yang bertugas, Anda bisa melihat interaksi sekumpulan komodo dari dekat. Tak hanya komodo, di pulau inipun Anda akan menemukan pantai yang sangat indah. Berbeda dengan pantai kebanyakan, disini pasir pantainya berwarna pink. Sangat cocok untuk Anda yang hobi berfoto atau mengabadikan momen di tempat-tempat unik.

  • Trunyan, Bali

Eksotisme pulau Bali menghipnotis jutaan orang dari seluruh dunia. Salah satu yang paling terkenal tentu saja keindahan pantai di pulau Bali. Selain pantai, sebenarnya Bali menyimpan kearifan lokal yang layak Anda jajal sebagai pilihan wisata. Trunyan, sebuah pulau yang menyimpan beribu-ribu kerangka manusia tanpa proses pengawetan. Pulau ini dikhususkan untuk meletakkan mayat tanpa proses penguburan ataupun kremasi. Semua mayat diletakkan begitu saja diatas tanah dengan ditutupi kain putih dan papan. Uniknya mayat-mayat tersebut tidak mengeluarkan bau busuk sama sekali, sebab aroma busuknya diserap oleh pohon Taru Menyan.

  • Passiliran, Tana Toraja

Tana Toraja pun menyimpan kemistikannya tersendiri soal pemakaman. Jika di Bali Trunyan tak mengkhususkan mayat yang ditampung, tidak begitu dengan Tana Toraja. Passiliran atau kuburan mayat khusus bayi ini bisa kita jumpai di Kambira. Disini terdapat pohon getah yang disinyalir sebagai pengganti susu ibu bagi para bayi yang belum tumbuh gigi. Tempat ini dirasa paling pas untuk para bayi bersemayam sementara waktu sebelum terlahir kembali.

comments