tips merawat motor matic

Motor matic saat ini merupakan salah satu kendaraan roda dua yang memang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Motor ini bahkan mampu menggeser tingkat penjualan pada jenis motor bebek manual, dan menempati urutan teratas dalam pemasaran dan penjualnya. Motor dengan sistem transmisi otomatis ini, memang akan lebih mudah untuk digunakan, tanpa harus para pengguna motor menguasai terlebih dahulu berbagai panel yang terdapat didalamnya, karena motor ini lebih mengandalkan penggunaan gas dan rem pada tangan saja. Meskipun dapat digunakan dengan mudah, oleh mereka yang tergolong sebagai pemula dalam berkendara, namun motor inipun perlu dirawat dengan baik, agar nantinya laju motor tetap nyaman dan aman untuk digunakan.

Untuk dapat melakukan perawatan motor matic dengan mudah dan tepat, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengontrol penggunaan oli mesin secara berkala. Pastikan bahwa ketika oli pada mesin sudah tidak kental lagi, maka segera gantilah oli tersebut dengan oli yang baru. Hindari penambahan oli, karena hal tersebut nantinya akan membuat mesin menjadi berkerak, sehingga jalannya mesin tersebut pun nantinya dapat terganggu. Selain dari tingkat kepekatan oli, Anda juga dapat melakukan penjadwalan untuk penggantian oli, sesuai dengan jarak tempuh pada motor tersebut ataupun sesuai dengan lamanya waktu penggunaan motor matic Anda.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan perawatan motor matic yang Anda gunakan sebagai kendaraan sehari-hari Anda, antara lain adalah:

  • Perhatikan kondisi dari rem motor tersebut, dan pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala pada bagian ini, karena bagian ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menghentikan laju dari kendaraan yang Anda gunakan.
  • Kelistrikan pada motor juga perlu Anda perhatikan, sebelum Anda menggunakan motor matic Anda, perhatikan lampu utama pada motor dan pastikan bahwa lampu tersebut menyala dengan baik, dan segera periksa apabila lampu pada motor tersebut tidak menyala.
  • Aki sebagai sumber daya kelistrikan pada motor, juga harus Anda perhatikan dengan seksama kondisinya, meskipun saat ini hampir semua motor matic telah menggunakan aki dengan jenis kering yang mudah dalam perawatannya.

Untuk menjaga fungsi dari mesin agar dapat berjalan dengan optimal, maka akan sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan pemanasan mesin sebelum Anda menggunakan kendaraan bermotor tersebut. Sistem pemanasan ini akan berfungsi untuk menaikkan oli pada mesin dengan perlahan dan tidak secara tiba-tiba, sehingga nantinya kerja dari mesin motor akan dapat terjaga kestabilannya.

Untuk melindungi body motor matic yang Anda gunakan, maka Anda dapat menempelkan stiker body motor pada kendaraan yang Anda gunakan tersebut. Selain melindungi motor dari goresan, stiker ini secara langsung juga akan melindungi cat motor dari sinar matahari dan hujan secara langsung yang dapat mengakibatkan cat motor tersebut menjadi pudar.