keluarga harmonis

Setiap orang yang membina sebuah keluarga tentu menginginkan kehidupan yang harmonis. Kunci dari rumah tangga harmonis adalah sikap yang selalu ramah dan terbuka setiap harinya. Jangan berencana untuk membuat kebohongan, meski kecil sekalipun. Karena kepercayaan adalah pondasi utama dalam mewujudkan keluarga harmonis .

Selain itu, berikut adalah 8 tips yang bisa membantu mewujudkan keluarga harmonis:

1. Saling Menghargai
Untuk memulai sebuah hubungan, maka Anda dan pasangan harus sadar bahwa kalian adalah partner. Baik untuk memperlakukan keluarga sejajar dengan Anda, jangan ada yang dibedakan. Kerukunan bisa didapat karena rajin mengobrol secara bebas, mendiskusikan sesuatu, saling melengkapi dan menghargai. Jika kita tidak dapat menghargai pendapat pasangan, maka lambat laun timbul rasa acuh dari hati salah satu pasangan yang nantinya akan menimbulkan pertengkaran.

2. Ciptakan Suasana Nyaman
Buatlah keluarga nyaman dengan sikap yang tulus dan tidak membuat mereka tertekan dengan aturan-aturan yang mengekang.

3. Mencari Hal Baru
Selalu pikirkanlah ide baru untuk mendapatkan cara-cara positif, seperti minum teh bersama. Carilah hal baru yang menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga untuk membuat kenangan-kenangan indah.

4. Berikan Dukungan Penuh
Jangan menambah beban seorang anak atau suami jika sedang dilanda masalah. Berikan mereka dukungan penuh agar bisa bangkit kembali.

5. Memahami Hak & Kewajiban Masing-masing
Agar segala hal dalam kekeluargaan bisa berjalan dengan baik, maka setiap pasangan harus menyadari apa kewajiban dan haknya dalam keluarga tersebut.

6. Biasakan Mengucap Terima Kasih
Bahkan jika Anda membiasakan berterima kasih untuk hal yang kecil, maka mereka pun akan merasa dihargai oleh Anda.

7. Sering Katakan Cinta
Berikut ini adalah hal sederhana yang berpengaruh besar dalam keluarga. Meskipun sudah lama bersama, seharusnya kita tidak undur dalam mengungkapkan rasa cinta dan kasih agar suasana dalam keluarga lebih harmonis.

8. Jaga Komunikasi
Selalu mengabari dan berusaha untuk selalu mengobrol meskipun berjauhan jarak akan membaut tali kasih Anda dan keluarga semakin erat.

Lalu bagaimana jika pasangan Anda sudah terlanjur marah dan sempat tidak saling bicara?
Tentu ada solusi dalam setiap masalah yang datang. Anda bisa mengatasi problem ini dengan bicara pada waktu yang tepat pada pasangan Anda dan katakanlah bawa sangat penting untuk berdiskusi untuk menyelesaikan masalah dengan segera. Menunggu waktu yang tepat sebelum Anda mengutarakan isi hati Anda dengan baik, adalah cara untuk menghindari memperburuk suasana hati pasangan Anda. Sebuah Keluarga Harmonis dapat terwujud jika semua anggota keluarga benar-benar memahami posisi dan saling mengerti antara satu sama lainnya.

comments