business2community.com

Hari ini kita bisa melihat betapa drastisnya perkembangan teknologi. Setiap hari ada saja gadget baru yang muncul, yang membuat kita kepo untuk mengetahui spesifikasinya. Sayangnya karena perkembangan teknologi dan besarnya keinginan memiliki gadget teranyar, banyak orang jadi terjebak pada sistem kredit. Alhasil, banyak sekali orang yang kondisi finansialnya acak-acakan karena memiliki terlalu banyak beban finansial. Iya betul sekali, di era modern seperti sekarang, mengatur keuangan ini sangatlah sulit. Jangan khawatir, berikut ini kami akan membahas 8 tips finansial pribadi yang bisa mengubah cara pandangmu mengenai uang.

  1. Buat Kalender Khusus Finansial

Agar lebih mudah mengatur keuangan, kamu bisa membuat kalender khusus finansial. Tentu kamu mesti mendesainnya terlebih dahulu. Kalender finansial ini harus berisikan hal-hal penting mengenai pemasukan dan pengeluaran. Misalnya tanggal 20 setiap bulannya, kamu buat tanda sebagai waktu untuk membayar tagihan kartu kredit. Lalu tanggal 5 kamu tandai sebagai waktu gajian dan lain-lain. Jadi kalender finansial ini bisa kamu jadikan sebagai reminder sehingga kamu lebih mudah dalam mengatur keuangan.

  1. Cari Tahu Apa Kebutuhan dan Keinginanmu

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk memudahkanmu mengatur keuangan, ada baiknya kamu mengetahui atau mengidentifikasi apa kebutuhanmu dan keinginanmu. Misalnya kebutuhanmu yaitu bayar uang kuliah, bayar listrik, bayar tagihan kartu kredit, dan lainnya. Sedangkan keinginanmu misalnya nonton konser, nonton film di bioskop, beli mobil baru, beli smartphone baru, dan lainnya. Nah jika kamu tahu apa kebutuhan dan keinginanmu, maka kamu dapat lebih mudah mengontrol keuangan. Mengapa? Karena ketika kamu ingin berhemat, maka kamu tinggal mengenyahkan berbagai poin yang ada dalam daftar keinginanmu dan kamu hanya membelanjakan uang untuk kebutuhan.

  1. Bedakan Antara Aset dan Tagihan

Tak hanya itu, kamu ‘pun mesti membedakan antara aset dan tagihan. Misalnya kamu punya aset bulanan 10 juta rupiah dan tagihan bulananmu 7 juta rupiah, maka apakah denga 3 juta rupiah kamu sudah cukup? Jika terlalu sedikit, maka kamu mesti mengurangi tagihan bulananmu.

  1. Tentukan Target Tahunan

Agar lebih mudah mengatur keuangan, ada baiknya kamu ‘pun menentukan target tahunan. Akan sangat berbahaya jika kamu menabung namun tak menentukan target apapun. Tak hanya target tahunan, kamu ‘pun bisa menentukan target lainnya misalnya seperti resepsi pernikahan, lulus kuliah, travelling ke Eropa, dan lainnya. Intinya apapun rencana keuanganmu, yang terpenting kamu menentukan targetnya!

  1. Diet Uang

Tak hanya tubuh gemuk yang butuh diet, uang ‘pun mesti diperlakukan layaknya diet. Kamu mesti menganggap kondisi finansial layaknya kondisi kesehatan. Jika kamu mengeluarkan uang terlalu banyak, maka kondisi finansial akan berakhir layaknya ‘obesitas’ dimana berujung pada penyakit-penyakit lainnya seperti membengkaknya tagihan, denda, hutang, dan lainnya.

  1. Kredit via Online

Tahukah kamu bahwa kamu tak hanya bisa kredit di dunia nyata namun di dunia online juga. Salah satu marketplace yang menawarkan kredit online yaitu Blibli. Blibli menawarkan siapapun untuk mengambil cicilan kredit tanpa kartu kredit. Iya serius, Blibli bekerjasama dengan Akulaku dalam menyediakan layanan kredit online ini. Jadi jika kamu ingin kredit lewat Blibli, maka kamu mesti tahu cara kredit di Blibli. Tak perlu bingung bagaimana cara kredit di Blibli, karena banyak sekali panduannya di internet.

  1. Alokasikan Sekitar 20% Pendapatanmu untuk Investasi

Untuk kepentingan jangka panjang, ada baiknya kamu mulai memikirkan tentang investasi. Kamu tak perlu memprioritaskan terlalu tinggi, cukup 20% saja dari pendapatanmu.

  1. Alokasikan 30% Pendapatanmu untuk Hiburan

You only life once, jadi nikmatilah! Namun agar tidak mengganggu kebutuhan bulananmu, ada baiknya kamu mengalokasikan sekitar 30% dari pendapatanmu untuk hiburan. Beberapa hiburan yang mungkin kamu lakukan seperti makan di restoran, nonton film di bioskop, travelling, dan lain-lain.

Nah itulah 8 tips finansial pribadi yang bisa mengubah cara pandangmu tentang uang. Jika kamu peduli dengan masa depanmu, maka kamu mesti memperlakukan uang dengan mindset yang lebih bijak. Gunakan beberapa tips diatas!

 

comments