Sekarang anda bisa memiliki tabungan syariah yang berbasis pada prinsip dan hukum ekonomi syariah Islam. Dalam masyarakat Indonesia saat ini sebagian besarnya lebih memilih untuk memiliki tabungan di bank syariah dibandingan dengan menabung di bank konvensional. Dimana bank syariah memiliki sistem yang berbeda jika dibandingkan dengan bank yang bersifat umum atau bank konvensional.

Aktivitas yang utama dari bank syariah mempunyai 2 aktifitas utama, yaitu yang pertama adalah aktifitas mengumpulkan uang atau dana dari nasabah dan yang kedua adalah aktifitas financing atau kegiatan pembiayaan. Dalam bank syariah kegiatan pendanaan berasal dari para nasabah, internal bank, atau bisa berasal dari pihak ketiga pula. Pada kegiatan financing ditandai dengan adanya penyaluran dana yang terkumpul untuk kemudian dimasukkan ke dalam usaha-usaha yang diperbolehkan dan sesuai dengan syariat Islam.

Hal ini dikarenakan umumnya aktivitas pendanaan atau pengumpulan dana pada bank syariah terlihat hampir sama dengan yang ada pada kegiatan pendanaan di bank konvensional. Dengan kegiatan pendanaan dimana bank mengumpulkan dana atau uang dari tabungan, deposito, dan juga giro. Namun, hal itu juga masih memiliki perbedaan pula. Perbedaan itu secara umum terletak pada perjanjian awal atau akad yang terjadi di awal transaksi, sistem bunga yang sesuai dengan syariat Islam, dan juga pemanfaatan dari dana yang terkumpul. Bank syariah juga mengatur dana yang telah terkumpul dari para nasabahnya akan disalurkan dengan memegang prinsip syariah dan hukum Islam. Di dalam bank syariah dalam setiap kegiatannya dalam bentuk produk tabungan syariah apapun tentunya akan sangat menghindari yang namanya praktik riba yang berhukum haram dalam Islam.

Itulah beberapa yang bisa anda sampaikan saat membuka tabungan keuangan syariah yang berdasarkan Hukum Islam pada artikel ini. Ditambah pada perbankan syariah maka dana tidak akan disalahgunakan, karena bank syariah telah berprinsip untuk memperoleh dan mengelola setiap dana yang diperoleh dari nasabah sesuai dengan sistem keuangan yang terpercaya dan aman.