Perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat peran Televisi sebagai media hiburan masyarakat Indonesia mulai tergeser. Masyarakat Indonesia yang awalnya mengandalkan televisi sebagai media hiburannya sehari-hari mulai beralih ke platform streaming. Salah satu platform streaming yang hadir di Indonesia adalah Tribe. Dengan menggunakan platform streaming Tribe, masyarakat Indonesia dapat menyaksikan berbagai mini series yang diinginkannya dengan jalan cerita yang jauh lebih berkualitas. Salah satu mini series yang dapat disaksikan adalah Gantung.

Gantung merupakan mini series yang diadaptasi dari novel terkenal karya Nadia Khan. Mini series ini merupakan project kolaborasi negara-negara di Asia Tenggara (atau disebut sebagai kolaboraSEA) yang dikerjakan oleh dua negara yakni Indonesia dan Malaysia. Para pemeran yang terlibat dalam mini series ini berasal dari kedua negara tersebut yakni Randy Pangalila (Gibran), Brandon Salim (KJ), Mentari de Marelle (Fara), dan Gita Sucia (Ratna) yang berasal dari Indonesia serta ada pula Ikmal Amry (Ray) dan Hafreez Adam (Troll) yang berasal dari Malaysia.

Sinopsis

Gantung mengisahkan tentang The Musketeers, sebuah geng anak sekolahan yang terdiri dari Gibran, KJ, Ray dan Troll. Mereka bersekolah di sebuah sekolah elite di Malaysia lengkap dengan asrama. The Musketeers dikenal sebagai geng nakal yang kerap kali membuat masalah di sekolahnya. Ketampanan fisik yang dimiliki anggotanya membuat mereka digilai oleh wanita di sekolahnya. Kebandelan The Musketeers ditutupi oleh latar belakang orang tua mereka yang merupakan alumni dan banyak berdonasi kepada sekolah tersebut.

Keempat anggota The Musketeers memiliki kesepakatan bahwa tidak ada satupun dari mereka yang diperbolehkan untuk memiliki pacar. Namun, jika ada wanita yang tertarik maka wanita tersebut harus dibagi bersama oleh mereka berempat. Konflik cerita mulai terjadi ketika salah satu anggota The Musketeers yakni Gibran melanggar aturan tersebut. Secara diam-diam Gibran menyukai Fara yang merupakan anak baru sekaligus pesaing dalam pemilihan ketua pelajar di sekolahnya. Cerita menjadi semakin rumit saat Ratna (teman sekamar Fara) diam-diam telah lama menyukai Gibran dan melakukan berbagai cara mistis untuk membuat Gibran jatuh hati kepadanya.

Seperti novelnya, mini series Gantung memberikan unsur mistis dalam setiap serinya. Berbagai kejadian aneh yang dialami The Musketeers membuat mini series Gantung menjadi semakin berkualitas dari segi cerita. Tak hanya itu, kesan mistis dari mini seri ini juga dikisahkan lewat sosok Ratna yang terlihat psycho dan kerap kali melakukan kegiatan aneh yang berbau mistis.

Dari sisi cerita, mini series ini bagai oase disaat masyarakat Indonesia haus akan cerita yang berbobot sebagai hiburan. Tak hanya drama percintaan ala anak sekolah, bumbu horror yang ditampilkan di sepanjang seri membuat mini series ini menjadi semakin menarik untuk diikuti. Mini series ini terasa semakin lengkap saat pembahasan seputar seks bebas, orientasi seks menyimpang dan gaya bahasa khas geng anak sekolah ditayangkan secara lugas dan gamblang.

Catatan

Selain Gantung, mini series lainnya yang telah dihasilkan oleh project KolaboraSEA adalah Do(S)a. Jika Gantung mengisahkan seputar drama horror di kehidupan anak sekolah, Do(S)a menceritakan tentang pertarungan antar gangster di Jakarta dengan keterlibatan tiga negara sekaligus yakni Singapura, Malaysia dan Indonesia serta dibumbui oleh drama keluarga didalamnya. Mini series Do(S)a diperankan oleh berbagai aktor dari tiga negara seperti Roy Marten, Reuben Elishama, Hannah Al Rashid dan Maudy Koesnaedi yang berasal dari Indonesia. Lalu, ada pula Ashraf Sinclair, Remy Ishak, dan Datuk M Nasir yang berasal dari Malaysia serta ada Danielle Sya dan Shenty Feliziana yang berasal dari Singapura. Mini seri ini juga semakin lengkap lewat tangan dingin dari Salman Aristo sebagai scriptwriter, Ifa Isfansyah sebagai sutradara dan Cecep Arif Rahman sebagai koreografer sekaligus pemain pada episode akhir. Meski berbeda genre, keduanya memiliki persamaan yakni kualitas cerita yang berkelas dan layak untuk disaksikan.

Mini series Gantung dapat disaksikan melalui platform streaming Tribe dari Handphone kalian. Tribe bisa diunduh melalui Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna Ios. Apabila kalian merupakan pelanggan provider Telkomsel, kalian dapat menyaksikan mini series ini gratis dengan menggunakan paket Video-Max.

comments