cara mencuci mobil

Mobil yang memiliki body mulus dan terawat akan lebih sedap dipandang mata selain itu juga bisa membuat harga mobil tetap tinggi jika akan dijual kembali. Karena banyak orang beranggapan bahwa mesin yang rusak dapat dengan mudah mendapatkan sparepart pengganti dan kemudian normal kembali, tetapi jika body yang rusak mobil kita akan susah untuk memperbaikinya. Oleh karena itu merawat body, terutama tampilan cat mobil agar tetap dalam kondisi terbaiknya merupakan sebuah keharusan. Pemilik harus telaten dalam merawat mobil yang dimilikinya, dan memperlakukan mobil dengan baik.

Mencuci mobil adalah salah satu cara untuk membuat body mobil tetap awet. Cucilah secara teratur untuk memastikan mobil tetap bersih. Bagi pemilik mobil yang tempat tinggalnya di daerah pantai, usahakan untuk mencuci mobil lebih sering. Hal ini tidak terlepas dari kedadaan udaranya yang banyak mengandung garam. Jika bodi Mobil sering terpapar garam, maka cat akan lebih rentan terhadap proses oksidasi yang dapat menyebabkan cat menjadi kusam dan berkarat.

Jangan biarkan mobil terkena matahari langsung, karena panas yang ditimbulkan dapat menyiksa body mobil tanpa ampun. Cat Mobil akan lebih cepat rusak, menguning dan bukan tidak mungkin kemudian retak-retak dan mengelupas. Selain sinar matahari, hujan juga adalah salah satu musuh bagi kesehatan body mobil. Hal ini disebabkan karena air hujan mengandung senyawa asam yang bisa merusak warna, terlebih jika mobil sering terkena air hujan lalu mengering maka kandungan asam akan melekat pada cat. Segeralah basuh mobil dengan air bersih setelah melewati hujan, jangan biarkan noda hujan menempel lama-lama pada mobil.

Selain itu disarankan untuk tidak menggunakan sabun yang memiliki kandungan bahan kimia yang kuat. Karena zat-zat kimia di dalam sabun yang digunakan untuk mencuci mobil bisa membuat cat lebih cepat pudar. Untuk lebih amannya kita bisa menggunakan shampoo khsus untuk mencuci mobil. Shampoo khusus mobil biasanya telah memiliki kandungan dan memang didesain untuk merawat body mobil.

Mencuci mobil juga harus memperhatikan langkah-langkah yang baik dan benar agar hasilnya maksimal. Karena jika langkahnya salah, bukan tidak mungkin malah membuat cat mobil baret dan rusak.

1. Tempatkan mobil di tempat yang lapang, tetapi jangan dibawah terik matahari langsung. Sinar matahari bisa membuat mobil yang telah dicuci menjadi kering terlalu terlalu cepat. Dan pada akhirnya bisa membuat body mobil memiliki bercak noda air yang terlihat seperti kerak.

2. Persiapkan alat dan prdouk khusus untuk mobil, seperti shampoo, spons, dan juga lap yang halus. Pilihlah Lap mobil yang sangat lembut agar tidak menyebabkan kotoran atau pasir menempel di lap sehingga kemudian tidak menggores cat.

3. Persiapkan dua wadah sebagai tempat sabun dan tempat air bilasan. Bilaslah spons atau lap sesering mungkin dengan air bersih untuk membersihkan kotoran dan pasir yang menempel. Hal ini untuk menghindari kotoran tersebut menggores body jika dibiarkan menmpel pada lap.

4. Cucilah dari bagian atas ke bawah, hal ini dilakukan karena biasanya bagian atas kotoranya lebih sedikit daripada bagian bawah yang penuh lumpur dan tanah yang menempel. Biarkan air sabun mengalir ke bawah agar lumpur kering tersebut melunak sehingga nantinya mudah dibersihkan ketika kita mulai mencapai bagian bawah.

5. Jika sudah selesai, bilaslah dengan air bersih sekali lagi baru kemudian mengelapnya dengan lap khusus mobil supaya bersih dan kering.

6. Untuk hasil lebih maksimal kita bisa menggunakan polish dan wax khusus mobil sebagai sentuhan akhir. Perlakuan ini akan membuat cat mobil lebih mengkilap dan terlindungi.

Itulah langkah mencuci mobil yang baik dan benar yang bisa diterapkan sendiri di rumah. Yang kita perlukan hanyalah menyisihkan waktu untuk melakukanya. Penanganan yang tepat dapat membuat body mobil terawat dan tetap dalam kondisi terbaiknya.

comments