pengobatan kanker payudara

Kanker payudara merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang siapa saja, namun kebanyakan memang kalangan wanita, karena pola hidup yang salah ataupun bisa terjadi disebabkan oleh faktor genetik. Nyatanya memang penyakit yang satu ini tak akan bisa selesai hanya dengan sekali pengobatan seperti operasi atau sejenisnya saja, melainkan juga harus diimbangi dengan perawatan kanker payudara secara tepat.

Itulah mengapa tak heran jika seandainya banyak orang yang merasa sudah sembuh total, namun kemudian kembali ke gaya hidup lama mereka, pada akhirnya penyakit kanker tersebut akan menyerang lagi, bahkan lebih parah. Untuk itu ketahui beberapa langkah perawatan yang hendaknya harus dilakukan selepas melakukan operasi kanker payudara ini, diantaranya adalah:

  1. Kemoterapi, prosedur yang satu ini dilakukan oleh pihak medis dengan tujuan adalah membunuh sel-sel kanker secara total, sehingga tak ada kemungkinan untuk tumbuh lagi kedepannya, lewat jalan kemoterapi ini jugalah biasanya penderita kanker juga akan mengalami beberapa efek samping yang kurang menyenangkan.
  2. Pantangan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu, sel-sel kanker agaknya bisa hidup di dalam tubuh manusia karena beberapa faktor, diantaranya adalah terlalu sering mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Sehingga untuk menunjang kesembuhan secara total maka harus ‘berpuasa’ artinya tidak mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dilarang.
  3. Pijat refleksi, ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengembalikan bentuk awal dari payudara setelah mengalami operasi, karena nyatanya setelah beberapa bagian diambil terkadang ukuran atau bentuknya mulai berubah, sehingga harus dilakukan tindakan pijat oleh tim media untuk mengembalikannya ke bentuk semula.
  4. Olahraga, langkah lainnya yang tak kalah penting adalah olahraga, bukan berarti karena Anda sudah operasi, nantinya tak ada kemungkinan terserang lagi di tempat lain, justru resiko semakin tinggi, jadi untuk mencegahnya pastikan olahraga rutin.

Harus dilakukan jika ingin mendapatkan kesembuhan total, karena pada dasarnya ini bukan jenis penyakit yang dapat disepelekan, sudah banyak nyawa melayang karena terjangkit penyakit berbahaya yang satu ini, jangan sampai Anda jadi salah satunya.