Umumnya ada tiga tipe jenis kulit yang biasanya menjadi masalah tertentu bagi sebagian orang, yaitu tipe kulit kering, kulit berminyak dan kulit yang sensitif. Kebanyakan orang memilih sabun mandi untuk kulit kering hanya didasari pada keinginan untuk tampil bersih, wangi dan segar. Padahal sangat penting memilih produk sabun berdasarkan jenis kulit. Jika kita memilih sabun yang tidak sesuai dengan jenis kulit akibatnya akan membuat kulit kering, gatal dan iritasi. Nah, bagaimana jika kulit Anda adalah tipe kulit kering atau terlanjur menjadi kering akibat sabun yang tidak cocok untuk kulit Anda?

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, disarankan untuk memakai sabun yang mengandung pelembab alami dan alkohol. Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung minyak bunga matahari, cocoa butter atau minyak zaitun. Untuk  tetap menjaga kelembapan kulit, gunakan pelembab yang mengandung petrolatum, lanolin yang tidak mengandung pewangi. Jika kulit Anda kering jangan menggunakan sabun yang mengandung deterjen atau anti bakteri, karena kedua bahan ini dapat mengakibatkan kulit iritasi sehingga kulit cenderung meradang dan dapat mengurangi produksi minyak dari dalam kulit.

Sebenarnya tidak peduli apapun jenis kulitnya, semua orang berpotensi memiliki kulit kering karena beberapa faktor. Untuk itu Anda tetap disarankan agar merawat kulit dengan memakai sabun yang cocok untuk jenis kulit Anda. Jika Anda memilih sabun batang, pastikan sabun batang yang Anda gunakan tidak mengandung zat alkali yang justru dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Dalam sabun batang mengandung sodium hidroksida yang dapat menyebabkan kulit kering. Sebaliknya pilih sabun batang yang menggunakan banyak emelion atau pelembab yang mampu menjaga kelembapan kulit.

nivea cleansing

Untuk Anda yang berkulit kering gunakan cleansing water wajah dari nivea yang mengandung “moisturizing” yang biasa terdapat pada sabun cair atau Body wash. Karena dalam sabun cair biasanya mengandung pelembab seperti ptrolatum yang berguna untuk menjaga kulit tetap terjaga kelembapannya sehingga baik untuk Anda yang memiliki kulit kering. Selain itu, usahakan jangan terlalu sering menggunakan air hangat untuk mandi karena akan menyebabkan kulit menjadi tambah kering. Air panas dapat mengurangi minyak alami dalam tubuh. Nah demikian beberapa tips memilih sabun untuk kulit kering. Semoga bermanfaat.

comments