Kamera aksi saat ini masih banyak diminati oleh kaum milenial, terlebih youtube hadir menjadi etalase yang sangat cocok untuk memajang karya mereka. Kategori video seperti Motovlogger merupakan salah satu yang menggunakan kamera aksi dalam proses pembuatannya. Bentuk kamera aksi yang kecil dan kompak sangat cocok untuk merekam tanpa membebani si motovlogger, cukup ditaruh di helm maka siaplah untuk mengambil gambar. Dengan mengupload video di Youtube, bukan hanya untuk sekedar memajang karya lho, tetapi juga bisa mendapatkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Apalagi jika sudah memiliki banyak subscriber dan penonton loyal, sang kreator bisa mendapat earning yang sangat lumayan.

Bagi kamu yang berniat membangun channel motovlog, tentu sangat membutuhkan kamera aksi, lalu action cam seperti apakah yang paling cocok untukmu ? yuk kita simak.

1. Tentukan Budget.

Yang pertama adalah tentukan budget yang akan dikeluarkan untuk membeli kamera aksi tersebut, karena menjadi kreator youtube itu tidak instan maka sebaiknya di awal membangun channel kita mengelola budget dengan ketat. Jika belum memungkinkan membeli kamera aksi yang mahal, kita bisa memilih kamera entry level. Walau begitu, baca dahulu berbagai review di internet tentang kamera tersebut sehingga tidak merasa kecewa di kemudian hari.

2. Pilihlah Kamera yang Memiliki Garansi.

Saat membeli perangkat elektronik, selalu ada kemungkinan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya, sebisa mungkin pilihlah kamera aksi yang memiliki dukungan garansi resmi. Produsen Action Camera yang bergaransi resmi pada umumnya mempunyai situs website resmi berisi profil perusahaan lengkap dengan data distributor resmi dan informasi kontak klaim garansi.

3. Kualitas Video yang dihasilkan.

Terkadang ada sebuah kamera aksi berharaga murah namun memiliki embel-embel mampu menghasilkan video dengan resolusi yang begitu besar, tetapi ternyata setelah ditonton kualitas gambarnya tersebut sangat menyedihkan. Hal tersebut biasanya merupakan hasil dari manipulasi software, secara teknis kamera tersebut memang membuat video beresolusi 4K, namun sebenarnya video 4K tersebut merupakan resolusi hasil interpolasi atau menggandakan pixel dari video resolusi rendah.

Kita bisa menonton terlebih dahulu sample fotage kamera yang ingin kita beli di youtube, sehingga ada bayangan apakah kamera tersebut sudah cukup bila digunakan dalam menghandle kebutuhan pengambilan video.

kamera aksi murah

Kamera Aksi harga 1 Jutaan.

Harga jual kamera Gopro memang saat ini masih sangat tinggi, untuk seri terbarunya Gopro Hero 7 Black kemungkinan bisa menyentuh angka 6 jutaan lebih. Namun memang, kamera tersebut sudah dilengkapi dengan tekhnologi terbaru sehingga mampu menghasilkan video terbaik. Lalu bagaimana jika budget dimiliki masih terbatas, adakah kamera aksi berharga murah ?.

1. Kogan

Merek kamera aksi murah meriah yang pertama adalah KOGAN, merk ini sudah cukup dikenal dan banyak pemakainya. Harganya berkisar antara 400ribuan hingga 600 ribuan, sudah dilengkapi dengan embel-embel 4k. Walaupun pada kenyataanya hasil videonya tersebut memiliki kualitas yang kurang memuaskan.

2. Brica

Setingkat diatasnya ada Merek Brica, bagi sebagian orang mungkin sudah mengenal merek yang satu ini. Brica sebelum membuat kamera aksi, telah terlebih dahulu memproduksi kamera pocket dan camcorder. Harganya masih dibawah satu jutaan, sehingga cukup menarik dilirik bagi kamu yang berkantong cekak. Untuk hasil rekaman, Brica sedikti lebih baik daripada Kogan.

3. SJCAM

Merek kamera aksi berharga murah lainnya adalah SJcam, salah satu produk terlarisnya adalah SJCAM SJ5000+. Kamera ini mendapat sambutan yang cukup bagus, dari segi spesifikasi SJCAm Sj5000+ telah memakai sensor CMOS 16 megapiksel buatan Panasonic dan chip imaging Ambarella A7LS75 yang membuatnya mampu mengambil gambar diam maupun video full-HD 60/30 fps dengan cukup baik.

4. Xiaomi

Bagi merek yang satu ini tentu sudah dikenal oleh banyak orang, kesuksesan di ranah ponsel teryata tak memuaskannya dan ikut terjun memproduksi action cam. Xiaomi Yi Cam dibanderol dnegan harga bervariasi antara 1 jutaan  hingga 3 jutaan, tergantung type dan spesifikasi yang dimilikinya. Hasil rekordingnya sangat baik sehingga terasa sangat worth-it untuk dimiliki bagi kamu yang baru memulai menjadi kreator.

Membangun channel youtube itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, untuk sampai pada titik menghasilkan membutuhkan waktu yang panjang dan menuntut konsistensi. Jadi yang terpenting sebenarnya bukanlah kamera apa yang dimiliki, tetapi seberapa kreatifkah kita dalam menyajikan video ke pengunjung agar disukai.

comments