listrik tenaga matahari
src: invers

Indonesia termasuk negara yang jumlah konsumsi listriknya selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Apalagi jika dilihat sendiri semakin kesini ada kian banyak inovasi baru yang diciptakan oleh produsen produk teknologi hingga perangkat elektronik yang juga kian gencar menciptakan produk-produk terbarunya, tentu pemakaian harus tetap mengandalkan listrik. Inilah kemudian yang membuat sebagian perusahaan kelistrikan juga sudah mulai merancang panel surya.

Seperti yang diketahui bahwa sumber energi listrik yang lainnya sangat mungkin habis jika terus menerus digunakan, namun tidak dengan menggunakan energi panas matahari yang tidak akan ada habisnya ini. apalagi berkaca ada banyak sekali negara-negara maju seperti diantaranya adalah Jerman, Spanyol hingga Jepang yang sudah sukses dalam mengembangkan energi listrik dari panel surya ini.

Bahkan jika dilihat ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan energi surya atau panas matahari sebagai sumber listrik ini, diantaranya adalah:

1.Jenis energi terbarukan, patut untuk diketahui bahwa panas matahari ini adalah energi terbarukan, sehingga tak akan pernah habis sampai kapanpun, bahkan mungkin intensitasnya semakin lama akan semakin meningkat.

2.Lebih ramah lingkungan, tidak seperti sumber energi listrik lainnya yang mengeluarkan polusi, maka matahari ini lebih bersih, sehingga aman untuk menjaga kondisi lingkungan.

3.Investasi jangka panjang, karena usia dari matahari ini sendiri sangat panjang atau tak akan pernah ada habisnya. Inilah yang kemudian membuat beberapa perusahaan mulai tertarik di dalam mengembangkannya.

4.Lebih praktis, faktanya dibandingkan dengan sumber daya energi lainnya seperti misalnya adalah minyak, kemudian batu bara apalagi gelombang air laut, semuanya membutuhkan perawatan secara teratur, namun dengan energi surya ini sendiri tidak.

5.Tepat untuk kawasan tropis seperti Indonesia ini, karena memang pada dasarnya sinar matahari hampir ada setiap waktu.

Sewatama merupakan salah satu pengelola listrik untuk Industri yang sudah mulai merancang adanya hal tersebut, sehingga untuk perusahaan yang tertarik ikut serta dalam memanfaatkan energi panas matahari untuk sumber listrik maka bisa bergabung.

comments