spare part mobil

Penggunaan turbocharger atau turbo pada mobil pribadi semakin menjadi hal yang biasa. Dahulu, mesin turbo hanya ada pada mobil-mobil mewah atau mobil jenis sports car. Sekitar tahun 2000an, sebagian penggemar kecepatan mulai memodifikasi mobilnya dengan spare part mobil tambahan berupa NOS (Nitrous Oxide System) agar dapat bersaing dengan mobil-mobil turbo. Mobil-mobil baru hari ini, baik yang menggunakan bensin maupun diesel banyak yang sudah dibekali dengan turbo.

Sedangkan untuk mobil yang tidak memiliki turbo, beberapa pengendara ada yang memodifikasinya sendiri dengan turbo tambahan. Modifikasi turbo sendiri bukanlah sesuatu yang ringan. Alasan yang pertama adalah karena modifikasi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Yang kedua, modifikasi ini berpotensi merubah konfigurasi atau bentuk dari mesin mobil bawaan. Pada mobil-mobil baru, modifikasi ini bisa menghanguskan garansi mesin yang diberikan oleh dealer mobil. Bagi penggemar tuning mobil, ada beberapa alternatif selain memasang turbo yang juga bisa dilakukan untuk meningkatkan performa mobil. Apa saja? Ini dia diantaranya..

ECU Tuning

ECU atau Engine Control Unit adalah komponen pada kendaraan yang berfungsi mengatur serangkaian aktuator (penggerak) pada mesin untuk memastikan performa mesin yang optimal. Komponen ECU memiliki banyak fungsi, seperti misalnya membaca sensor, menginterpretasikan data dari sensor atau mengatur aktuator mesin. Spare part mobil ini merupakan pengganti dari beberapa alat pengontrol mekanik dan pneumatik pada mobil-mobil lama.

Pada mobil modern, ECU mobil bekerja layaknya komputer yang mampu mengendalikan banyak bagian pada mesin. Pengaturan pencampuran bahan bakar dengan udara, waktu pengapian, dan pengaturan kecepatan semuanya bisa diatur lewat ECU. ECU hari ini telah dibekali dengan mikro prosesor yang terpasang pada rangkaian hardware dan memiliki software (firmware) tertanam. Hal ini memungkinkan seorang pengguna untuk bisa memprogram sendiri ECU pada mobilnya.

Software pada ECU dapat diprogram ulang atau di update karena tersimpan pada mikrokontroler atau pada chip terpisah. ECU yang dioptimalkan pada programnya dengan baik dapat menghasilkan performa yang lebih unggul pada mobil dibandingkan dengan ECU standar bawaan pabrikan atau dealer.

spare part mobil turbo

Carbon Body Kit

Jika melakukan ECU tuning terasa begitu rumit, mungkin ini adalah alternatifnya. Carbon body kit adalah mengganti beberapa bagian pada bodi mobil dengan bodi kustom yang terbuat dari bahan serat karbon. Spare part mobil ini memiliki keunggulan pada bahannya yang sangat ringan dibandingkan dengan bodi bawaan mobil.

Sehingga dengan mengganti beberapa bagian saja dengan bodi karbon sudah dapat memberikan efek peningkatan akselerasi karena berat mobil yang berkurang cukup banyak. Penggunaan carbon body kit secara menyeluruh kurang dianjurkan karena alasan keamanan. Sebab meskipun sangat ringan, bodi karbon tidaklah sekuat bodi mobil yang terbuat dari besi atau campuran logam.

Alloy Wheel

Alloy wheel adalah istilah untuk velg mobil yang menggunakan bahan campuran logam. Velg mobil secara umum terbuat dari bahan campuran logam dan besi. Campuran ini memiliki keunggulan pada hasilnya yang kuat dan biayanya yang rendah. Namun velg berbahan campuran besi lebih berat daripada alloy. Alloy wheel menggunakan campuran logam dan bahan lain seperti aluminium atau magnesium. Hasil pencampuran ini menghasilkan velg yang sama kuat namun bisa lebih ringan.

Selain itu, alloy wheel juga dapat menghantarkan panas lebih baik dan lebih mudah dipahat menjadi bentuk yang elegan atau sporty. Selain meningkatkan penampilan, spare part mobil satu ini juga bisa meningkatkan performa mobil karena menghasilkan velg yang “ulet”. Alloy wheel banyak dipakai pada mobil-mobil balap karena mampu bertahan untuk penggunaan kendaraan dengan performa tinggi.

Exhaust Tuning

Sistem knalpot pada mobil relatif lebih kompleks dibandingkan dengan sepeda motor. Sehingga, tidak sedikit perusahaan otomotif yang menawarkan sistem knalpot sebagai subkategori dari engine tuning. Hal ini karena sistem knalpot yang baik dapat meningkatkan performa mobil secara signifikan. Prinsip peningkatan performa pada spare part mobil ini bisa terjadi karena beberapa hal.

Seperti misalnya pengurangan “back pressure” pada knalpot mesin empat langkah yang dapat secara langsung meningkatkan tenaga pada mesin. Atau bisa juga dengan sistem pelepasan panas yang baik, sehingga tidak ada panas dari mesin yang lepas ke area underbonnet. Panas yang lepas ini dapat merusak komponen mesin yang sensitif terhadap suhu.

Membeli mobil dengan mesin turbo bawaan pabrik mungkin tetap akan menjadi solusi paling sederhana bagi yang tidak ingin repot-repot melakukan tuning pada mobil. Dan diantara solusi terbaik untuk membeli mobil maupun spare part mobil dan aksesorisnya hari ini adalah dengan membeli lewat Bukalapak. Di Bukalapak, berbagai produk otomotif mobil seperti spare part, sistem audio mobil dan lain-lain bisa didapatkan secara lengkap dan mudah.

comments