cara menghilangkan bau ketiak
cara menghilangkan bau ketiak

Diantara kita semua pastinya pernah merasakan situasi canggung yang disebabkan oleh keringat tubuh. Hal ini sangatlah manusiawi, karena berkeringat sesungguhnya adalah proses alami yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan racun dan menyeimbangkan suhu tubuh. Lalu kenapa menimbulkan bau kurang sedap ?, bau badan terjadi karena keringat yang keluar dari tubuh bercampur dengan bakteri alami yang menempel di permukaan kulit. Selain itu, bau badan juga bisa dipengaruhi oleh makanan tertentu yang kita konsumsi.

Cara mengatasi bau ketiak yang bisa kita coba adalah dengan mulai gaya hidup sehat, mandi secara teratur dapat mengurangi keringat yang menempel pada tubuh. Gunakan sabun anti bakteri yang banyak tersedia di pasaran, setelah selesai jangan lupa untuk menyeka badan dengan handuk secara menyeluruh. Jangan biarkan ada bagian badan yang basah, karena jika lembab, akan sangat mudah untuk menimbulkan bau badan karena bakteri yang bersemayam disana. Mengganti pakaian secara teratur, serta memperhatikan bahan pakaian yang dikenakan dapat mengurangi produksi keringat. Di hari yang panas, usahakan memakai pakaian yang dapat menyerap keringat dan tidak menimbulkan gerah pada tubuh.

Cara selanjutnya adalah mengatur menu dengan menghindari makanan pemicu bau badan. Menghindari bawang-bawangan, makanan yang memiliki aroma tajam, minuman beralkohol serta rokok dipercaya mampu mengurangi bau badan dengan efektif. Sebaliknya makanan seperti Jus jeruk, Apel dan teh herbal diyakini mampu mengurangi bau badan sehingga baik untuk dikonsumsi secara teratur. Selain itu kandungan vitamin dalam makanan terssebut juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

cara menghilangkan bau ketiak
cara menghilangkan bau ketiak

Pakailah deodoran atau anti respirant untuk mengendalikan bau badan, zat aktif pada deodoran dapat mencegah bakteri bersarang pada ketiak. Sementara anti respirant dapat mencegah kita untuk berkeringat berlebih karena zat aluminium klorida membentuk sumbat seperti gel yang menyumbat pori-pori untuk mengeluarkan keringat. Dan yang tidak kalah penting adalah, usahakan untuk terus berfikir positif dan hindari stress. Kondisi stress dapat memicu produksi keringat berlebih yang pada akhirnya malah mengurangi tingkat percaya diri kita.

Di tengah pergaulan kita dituntut untuk memiliki penampilan yang rapi dan bersih, tentunya kita tidak ingin teman-teman yang kita miliki satu persatu menjauh karena tidak nyaman berada didekat kita. Oleh karena itu, mulailah memperhatikan kebersihan diri dan menjaga badan supaya tetap segar sepanjang hari. Jangan biarkan bau badan membatasi ruang gerak kamu, percaya dirilah dan bergaul dnegan banyak orang untuk mengenal dunia yang lebih luas. Kembangkan network pertemanan agar mendapat kesempatan-kesempatan baru dan mengembangkan diri menjadi lebih sukses dan berkembang.

comments