Bagi setiap keluarga, memiliki buah hati adalah anugerah terindah yang melengkapi kebahagian berumah tangga. Ketika ia hadir dengan selamat di dunia, tugas selanjutnya adalah mengawal tumbuh-kembangnya kemudian. Dengan hadirnya sang buah hati, status kita meningkat menjadi orang tua dan harus bertanggung jawab untuk merawat dan membesarkannya dengan sepenuh hati. Perkembangan bayi setiap bulannya selalu menarik untuk di ikuti, sebagai orang tua kita harus mengenali tahapan-tahapan perkembangannya agar tepat dalam merawatnya.

Perkembangan bayi 3 bulan diantaranya adalah sudah mulai mampu menegakan kepalanya di segala posisi, hal ini dikarenakan otot lehernya sudah semakin kuat. Begitu pula otot-otot lainnya sudah mulai mengencang, kemampuan kakinya meningkat dengan mampu menendang-nendang, mata mampu berkoordinasi dan tangannya juga mulai bisa berekspresi. Hal ini ditandai dengan, ia mulai bisa menyatukan kedua tangannya, atau bahkan mulai memegang benda dengan kedua tangannya. Untuk sebagian bayi, pada usia 3 bulan sudah mampu menggulingkan badannya sendiri tanpa bantuan, sehingga pada usia ini orang tua harus mulai berhati-hati ketika meninggalkannya tanpa pengawasan.

Selain perkembangan motoriknya, bayi 3 bulan juga sudah mulai bisa berkespresi dan mencoba berkomunikasi. Ia tidak hanya menangis tapi mulai memberikan beberapa ocehan dan menirukan suara dengan nyaring dalam waktu yang cukup panjang. Untuk para orang tua, biasakan untuk terus mengajak bayi berbicara dengan ceria. Mulailah menjelaskan hal-hal disekitar atau mulai menceritakan tentang siapa saja orang yang ada di keluarga. Usia 3 bulan ia akan mulai mampu mengenali anggota keluarga terdekat,ia akan menyenangi permainan “cilukba” dan menikmati pijatan halus dari ibunya. Kegiatan ini menurut penelitian bisa meningkatkan IQ saat ia besar nanti.

perkembangan bayi 3 bulan

Bobot bayi laki-laki umur 3 bulan biasanya sekitar 5,1-7,9 kg dengan panjang badan sekitar 57,6-65,3 cm, sementara untuk bayi perempuan berat badannya di bulan ini sekitar 4,6-7,4 kg dengan panjang badannya sekitar 55,8-63,8 cm. Bagi mama yang sedang menysusui, selalu jaga pola makan agar si kecil dapat terus terpenuhi kebutuhan gizinya selama masa pertumbuhan. Pada usia 3 bulan ini, rata-rata sikecil membutuhkan 170-200 ml susu per hari dengan frekuensi menyusu sekitar 7-8 kali dalam sehari.

Mengamati perkembangan sikecil dari bulan ke bulan memang sangat menakjubkan, dan sebagai orang tua tentunya kita menginginkan yang terbaik untuknya. Selalu perhatikan pola makan dan berikan perhatian penuh kepada si kecil, agar tumbuh kembangnya optimal. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika merasa si kecil memiliki tanda keterlambatan perkembangan. Bawa si kecil ke dokter spesialis anak sehingga dengan cepat ditangani dan ditemukan penyebabnya.

Sehat selalu ya bunda, semoga sikecil terus berkembang tanpa kendala.

comments