cara mencegah bau mulut

Diantara pembaca mungkin pernah ada yang mengalami masalah bau mulut, sungguh mengganggu dan jika dibiarkan akan mempengaruhi percaya diri ketika berkumpul dengan orang lain. Akibat lebih jauhnya, kita menyisihkan diri dari kehidupan sosial dan dilingkupi oleh rasa minder. Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti penyakit tertentu taupun kurang menjaga kebersihan mulut.

Pada umumnya bau mulut selalu disertai dengan keadaan mulut terasa kering, mulut terasa tidak enak atau mulut terasa asam atau bisa juga terasa ada lapisan mengganjal di bagian atas lidah. Bau mulut juga bisa terjadi karena adanya sisa-sisa makanan yang tersisip pada gigi yang menyebabkan bakteri-bakteri penyebab bau mulut berkembang pada mulut. Selain itu, ada beberapa kondisi penyakit mulut dan gigi yang bisa menyebabkan bau mulut. Seperti penyakit pada gusi, infeksi jamur pada mulut, karies gigi atau gigi berlubang, dan mulut kering.

Cara mencegah bau mulut yang paling mudah adalah dengan menggosok gigi secara teratur. Setiap sehabis makan agar tidak ada sisa makanan menempel di gigi yang bisa menyebabkan bau mulut. Gosok gigi secara benar, tetapi jangan menyikat gigi dengan terlalu keras karena justru akan membuat gigi dan gusi terluka. Dan bisa juga menyebabkan permukaan luar gigi/enamel akan terkikis yang bisa memicu gigi sensitif.

Untuk kebersihan gigi yang optimal, kita bisa juga menggunakan mouthwash agar kebersihan mulut semakin terjaga. Cara yang baik untuk menggunakan mouthwash adalah berkumur dengan produk mouthwash setidaknya selama 30 detik, lalu setelah itu buang dan lepaskan. Setelah menggunakan mouthwash, sebaiknya kita tidak makan, minum, atau berkumur dengan air selama 30 menit agar manfaatnya tidak berkurang.

Selain menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan berkumur, sebaiknya juga hindarilah merokok. Kenapa dmeikian ?, ini disebakan karena Nikotin mengandung bahan-bahan kimiawi yang bisa memicu bau mulut dan menyebabkan plak. Akibat lebih jauh dari merokok adalah dapat mengurangi kemampuan merasa pada lidah, dan mengiritasi gusi. Jadi selain buruk untuk kesehatan pernafasan, merokok juga sangat buruk untuk kesehatan mulut. Untuk itu hindarilah rokok, agar mulut lebih sehat dan memiliki aroma yang lebih segar.

comments