cara mengatasi biang keringat bayi

Untuk bunda yang memiliki buah hati yang masih kecil pasti pernah mengalami ia rewel gara-gara biang keringat. Tidurnya menjadi tidak nyenyak karena munculnya ruam kecil berbintik merah yang terasa gatal. Biang keringat ini biasanya muncul setelah cuaca yang panas dan lembab, dan terletak pada lipatan-lipatan tubuh seperti leher, siku,ketiak dan selangkangan. Jika sudah begini sebagai orang tua, biasanya kita harus sedikit ekstra merawatnya, menjaga agar ia tetap nyaman dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Cara mengobati biang keringat pada bayi pada dasarnya tidak memerlukan penanganan yang khusus. Karena Bunda bisa mencegahnya dengan cara membawanya ke tempat yang sejuk dan memakaikan pakaian yang menyerap keringat dan sedikit longgar. Jangan memberikan bedak tabur secara berlebihan karena malah akan menyumbat pori-pori keringat yang bisa memperparah timbulnya ruam merah biang keringat. Sehabis mandi, usahakan untuk mengelap sampai kering dan jangan biarkan ada lembab di lipatan tubuh dan gunakan handuk katun yang lembut dan menyerap keringat.

biang keringat pada bayi

Pemilihan pakaian sangat penting, jika cuaca sedang gerah dan lembab lebih baik memilih pakaian yang agak longgar dan dari bahan yang mudah menyerap keringat. Agar memberikan sirkulasi yang baik terhadap tubuh sikecil sehingga tidak timbul biang keringat yang mengganggu.

Jika diajak jalan-jalan keluar rumah, pastikan cuaca tidak sedang panas. Jangan lupa membawa pelindung kepala seperti topi dan payung. Ketika biang keringat semakin tidak terkendali, dan sikecil menjadi sangat terganggu lebih baik segera konsultasikan dengan dokter anak. Dokter akan merekomendasikan krim terbaik yang paling cocok dengan si kecil untuk mengurangi biang keringatnya.

Sebagai orang tua, kita memang harus sangat tanggap dengan keadaan si kecil. Mulai dari tempat tidurnya, pakaian, dan asupan makanannya jangan sampai si kecil merasa tidak nyaman. Menaga kebersihan lingkungan juga sangat penting agar tidak ada penyakit yang menghinggapi sikecil. Jangan ragu untuk mencari referensi dari berbagai media, atau bisa juga sharing dengan ibu-ibu lain yang biasanya memberikan tips-tips yang sangat berguna kemudian.

comments