harapanrakyat ciamis

Seputar berita Ciamis terkini tampaknya sudah menjadi trend pada pencarian google. Hal itu menunjukan bahwa di Ciamis sudah mulai terjadi pergeseran dalam mencari sumber referensi informasi. Sebelumnya masyarakat akrab dengan media cetak atau koran dalam memperoleh informasi seputar berita Ciamis terkini. Namun, seiring era digital yang mulai merambah ke daerah, kini masyarakat Ciamis perlahan mulai beralih ke media online atau media daring (dalam jaringan).

Anda yang lahir di Kabupaten Ciamis, baik yang masih tinggal di salah satu kota Priangan Timur maupun yang sedang di luar kota, apabila membutuhkan referensi seputar berita Ciamis terkini bisa ‘berkunjung’ ke laman portal berita yang satu ini. Harapan Rakyat Online melalui website harapanrakyat.com sudah lama dikenal sebagai Portal Berita Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Harapan Rakyat Online (selanjutnya disebut HR Online) merupakan portal berita yang dibangun sejak tahun 2013. HR Online bisa dibilang metamorphosis dari media cetak yang sudah dikenal lama oleh para pembaca di Kabupaten Ciamis, yakni Koran Harapan Rakyat (Koran HR). Koran HR didirikan oleh R. Bachtiar Hamara, satu-satunya insan media asli daerah Priangan Timur yang berkecimpung langsung dalam penerbitan surat kabar.

R. Bachtiar Hamara sendiri pernah mengatakan di salah satu media, bahwa Koran HR merupakan satu-satunya media yang dimiliki orang asli dari Priangan Timur. Sementara media lainnya, rata-rata merupakan milik perusahaan media besar yang berasal dari luar Priangan Timur. Selain itu, Bachtiar juga merekrut anak-anak muda potensial yang lahir di daerahnya untuk ikut membangun media yang didirikannya tersebut.

Pada tahun 2013, mananjemen Koran HR mulai menjajaki dunia online dengan situsnya harapanrakyat.com. Kontennya tentu saja tak jauh berbeda dengan Koran HR. Keduanya kini dikelola secara professional dengan memisahkan manajemen perusahaan. HR Online kini berada di bawah naungan PT. Harapan Rakyat Online.
11 November 2013, tepat di ulang tahun Koran HR yang kesepuluh, harapanrakyat.com pun resmi diluncurkan. Hal itu merupakan salah satu bukti keseriusan perusahaan untuk mengikuti trend zaman.

Dikutip dari halaman web harapanrakyat.com, awalnya portal berita yang satu ini hanya mengunggah berita-berita yang sudah terbit sebelumnya di koran HR. Namun, rupanya sambutan pembaca yang antusias mendorong HR Online untuk memperbaharui informasi seputar Ciamis, Banjar, dan Pangandaran secara real time.

Khusus untuk informasi Kabupaten Ciamis, di HR Online terdapat ketegori Berita Ciamis yang ditambah sub ketegori Berita Banjarsari, Berita Kawali dan Berita Rancah. Dari 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis, Banjarsari, Kawali dan Rancah memiliki kategori sendiri di bawah sub kategori Berita Ciamis. Hal itu karena banyaknya informasi yang bisa diperoleh dari ketiga kecamatan tersebut.

Segala peristiwa yang terjadi di Kabupaten Ciamis diberitakan secara real time di harapanrakyat.com. Bukan cuma peristiwa. Namun agenda kegiatan pemerintahan maupun acara-acara yang menyedot perhatian masyarakat banyak di Kabupaten Ciamis pun dipastikan harapanrakyat.com jadi media utama yang dijadikan sebagai referensi.

berita ciamis harapanrakyat
berita foto harapanrakyat.com

Diakui atau tidak, ketika Kabupaten Ciamis terpaksa melepas Pangandaran menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB), praktis Ciamis tidak memiliki wisata pantai. Hal ini rupanya berpengaruh besar terhadap pendapatan daerah. Pemerintah Ciamis kemudian mengembangkan berbagai pariwisata untuk menggenjot pendapatan daerah. Hal ini tak luput dari perhatian HR Online. HR Online diketahui menjadi media terdepan dalam memberitakan wisata-wisata terbaru yang ada di Kabupaten Ciamis.

Karena itu, berbagai tempat wisata di sekitar Kabupaten Ciamis banyak diekspose di media yang satu ini. Berbagai situs sejarah, cagar budaya, hingga wisata alam yang akhir-akhir ini banyak bermunculan di Ciamis dimuat di HR Online. Wisata alam terbaru yang diekspose di HR Online adalah Bukit Seribu Bintang yang disebut-sebut sebagai Bukit Bintang-nya Ciamis. Selama ini Bukit Bintang dikenal ada di Kota Bandung.

Sementara untuk situs sejarah maupun cagar budaya di Kabupaten Ciamis, HR Online juga mengenalkan berbagai mitos-mitos seputar keberadaan situs-situs tersebut. Mitos yang unik dan terkadang tak masuk akal diakui atau tidak sebenarnya mampu menarik para wisawatan untuk berkunjung.

Mitos yang paling menarik perhatian para pembaca HR Online adalah ritual agar terlihat cantik yang dilakukan beberapa pengunjung Situs Astana Gede Kawali. Menurut mitos yang beredar, seorang wanita akan terlihat cantik dan cepat mendapat jodoh jika mandi di sumber mata air Cikawali yang ada di kawasan Situs Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis.

Bukan sekedar mandi, namun usai mandi para pengunjung yang melakukan ritual ini, yang kebanyakan perempuan melempar celana dalam yang dipakainya untuk menuntaskan ritual. Karena itu, tak heran jika di seputar mata air Cikawali yang ada di Situs Astana Gede Kawali banyak ditemukan celana dalam perempuan tergantung di pepohonan maupun berserakan di tanah, terutama pada Selasa malam dan Jum’at malam.

Selain pariwisata, berbagai perkembangan politik Ciamis juga lengkap ada di Harapan Rakyat Online. Sejak penyelenggaaraan Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung, beberapa kali Pilkada Ciamis yang menyedot perhatian banyak kalangan banyak diberitakan di HR Online. Terakhir, Pilkada Ciamis tahun 2018. Head to head antara Herdiat Sunarya dengan petahana Iing Syam Arifien mewarnai dunia politik kabupaten Ciamis. Dengan mengusung independensi pers, HR Online memberitakan keduanya secara seimbang.

Sementara pada tahun 2019 ini, Harapan Rakyat Online juga menjadi referensi untuk mereka yang mencari seputar berita Ciamis terkini, terutama referensi perkembangan Pilpres dan Pileg yang akan diselenggarakan 17 April 2019 mendatang.

Jadi Anda yang yang sudah lama tinggal merantau di negeri orang, namun punya kenangan indah dengan kota Ciamis, Anda bisa bernostalgia dengan dengan membuka laman harapanrakyat.com untuk mengetahui seputar berita Ciamis terkini.

comments