saklar lampu

Kebakaran adalah bencana yang cukup sering terjadi, dan kebanyakan dari peristiwa tersebut pemicunya adalah konsleting listrik. Hal tersebut bukanlah tanpa fakta, karena kebanyakan dari kita memang belum mempunyai kesadaran dalam memakai instalasi listrik yang baik dan aman.

Kenapa listrik bisa memicu kebakaran ?.

Pada kenyataannya bukan hanya konsleting yang adapat menimbulkan percikan api yang disebabkan oleh listrik tetapi ada beberapa kemungkinan. Pertama, hal ini bisa terjadi jika ada beban berlebih atau overload. Kedua, hubungan singkat arus listrik atau konsleting, dan yang terakhir ada arus bocor pada instalasi. Percikan api yang terjadi dari ketiga kemungkinan tersebut jika menyambar bahan-bahan yang mudah terbakar, percikan tersebut mampu menyulut kebakaran yang bisa menghabiskan seluruh rumah.

Saklar lampu adalah salah satu perangkat listrik yang harus diperhatikan. Kita sangat perlu untuk memilih saklar lampu yang memiliki kualitas bagus, kuat, dan Aman.

Cara memilih stop kontak yang bagus.

1. Harga
Jangan tergiur dengan harga yang murah, tetapi cobalah untuk berinvestasi dengan memilih perangkat yang berkualitas walaupun harganya sedikit lebih mahal. Karena pada dasarnya kualitas berbanding lurus dengan harga yang diberikan.

merk saklar listrik

2. Merek
Pilihlah saklar lampu yang diproduksi oleh produsen ternama yang sudah memiliki nama besar. Di pasaran ada beberapa merek yang bisa dipertimbangkan seperti, Schneider, Broco, Philips dan Panasonic.

3. Perhatikan materialnya
Saklar lampu adalah perangkat yang harus awet dan tahan lama karena akan dipergunakan secara terus menerus setiap harinya. Oleh karena itu, saat membeli perhatikan bahwa saklar yang dibeli memiliki bahan material yang bagus agar dapat bertahan lama.

Nah selain memilih saklar lampu yang berkualitas, faktor penempatan juga harus diperhatikan. Sebisa mungkin jangan posisikan saklar lampu pada bagian yang lembab, basah atau rawan terkena guyuran. Karena hal ini jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa memicu hubungan arus pendek. Sebaiknya letakan pada bagian rumah yang kering, mudah dijangkau dan jauh dari bahan-bahan yang mudah terbakar. Perhatikan pemasangan dengan benar, serta lihat instruksi agar dapat terpaang dengan rapi.

comments