produk olahan susu

Dengan hadirnya susu yang memiliki banyak variant rasa, tentu akan banyak disukai berbagai kalangan usia, apalagi anak – anak. Banyak produsen susu , contohnya susu kental manis bendera yang membuat susu dalam bentuk berbagai kemasan, seperti susu bendera kaleng. Sehingga memiliki tingkat yang lebih praktis penyajiannya tanpa menggunakan bahan tambahan lainnya.

Saking banyak manfaatnya susu, banyak orang yang berinovasi untuk membuat bahan makanan yang berbahan dasar susu. Karena di dalam susu terdapat kandungan nutrisi esensial seperti protein dan vitamin D. alasan lain juga untuk membuat orang yang tidak suka susu tetap mendapatkan nutrisi dan gizi yang sama seperti mengkonsumsi susu.

Makanan Olahan susu

1.Keju
Makanan ini sudah menjadi primadona dalam setiap hidangan. Ternyata, banyak yang belum tahu bahwa makanan ini berasal dari susu. Berawal dari susu yang dipanasakan, kemudian di dinginkan yang bertujuan untuk menghentikan tumbuhnya bakteri, lalu di fermentasi sampai padat. Dengan tempat yang lembab keju memiliki kualitas yang lebih bagus.

2.Mentega
Mentega yang bisa anda gunakan untuk memasak dan membuat roti bakar juga berbahan dasar dari susu. Produk ini terbentuk dari lapisan krim susu yang paling luar dan didiamkan beberapa hari. Kemudan di proses dengan diaduk sampai lemak padat dan cari berpisah, atau biasa disebut Churning. Lemak ini lah yang menjadi mentega dan biasa digunakan oleh anda.

3.Yoghurt
makanan ini tentu sudah tidak asing lagi, mengingat anda sudah pernah mengkonsumsinya. Yoghurt merupakan sebuah produk yang berbahan dasar susu yang memiliki manfaat bagus untuk tubuh khususnya pencernaan. Yoghurt terbuat dari proses fermentasi bakteri baik dan memiliki kandungan lemak lebih rendah jika dibanding susu lain. Yohurt biasa dijadikan makanan untuk diet sebagian orang.

4.Es krim
Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan es krim yang memiliki rasa dingin dan manis. Siapa sangka bahwa makanan yang digemari anak – anak ini terbuat dari susu sebagai bahan dasarnya. Banyak orang yang menganggap es krim bisa menambah berat badan. Tapi itu hanya mitos belaka, karena susu memiliki kandungan nutrisi kalsium, protein, dan sumber vitamin yang baik untuk tubuh.

comments