macam macam deposito

Kita pasti sudah banyak mendengar kata “deposito” tetapi rasanya belum mengerti secara pasti apasih yang dimaksud oleh kata tersebut. nah untuk itu mari kita ketahui lebih dekat salah satu produk financial yang satu ini.

Deposito sendiri bisa diartikan sebagai menabung di bank yang penyetorannya maupun pengambilannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati. Jika menyimpan lebih lama serta nilainya besar, maka nasabah juga akan mendapatkan bunga tabungan yang semakin besar. Kisaran bunga deposito yang umum di Indonesia adalah 3 – 7.5%.

Jika dibandingkan dengan tabungan biasa maka perbedaan deposito terletak pada jumlah bunga yang ditawarkan lebih besar serta tidak bisa diambil sembarang waktu seperti tabungan biasa. Deposito termasuk bentuk investasi karena karkteristiknya tersebut, dan jika dibandingkan dengan investasi seperti saham dan obligasi maka deposito jauh lebih aman. Deposito tidak dikenakan biaya administrasi bulanan sehingga nilai uang kita akan tetap nilainya hingga masa tenor berakhir.

Uang Deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan  atau LPS hingga sebesar 2 miliar rupiah. Uang kita akan terus aman dan terjamin walaupun bank mengalami kebangkrutan atau kolaps.

Beberapa jenis Deposito.

deposito

Deposito berjangka
Deposito jenis ini merupakan yang paling umum digunakan oleh para nasabah. Sesuai namanya, deposito ini memiliki pilihan jangka waktu yang beragam yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 24 bulan. Bunga akan diterima setiap bulan secara periodik, dan nasabah bisa memilih untuk disetorkan ke rekening tabungan atau ditambahkan ke jumlah deposito yang dimiliki, sehingga bunganya akan terus meningkat setiap bulannya

Sertifikat Deposito
Seperti juga deposito berjangka, maka Sertifikat Deposito juga adalah bentuk simpanan dana dengan pilihan jangka waktu 3, 6, atau 12 bulan yang disertai sertifikat. Sertifikat ini kemudian bisa dijual atau dipindahtangankan kepada pihak lain.

Deposito on call
Berbeda dengan dua jenis deposito diatas, maka deposito on call hanya memiliki tenor sangat singkat. Bahkan untuk waktu yang paling singkat adalah 3 hari, dan paling lama 30 hari. untuk dapat memilih jenis deposito ini kita harus menyetorkan dana dengan jumlah yang besar.

Nah itulah sekilas tentang Deposito yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk melakukannya. Secara umum Deposito cocok bagi mereka yang ingin berinvestasi dengan aman. Nah semoga info diatas membantu untuk memahaminya ya.

comments