bisnis franchise

Kebanyakan orang ingin sekali untuk memiliki bisnis sendiri, namun kemudian merasa kebingungan dengan usaha apa yang akan digelutinya nanti. Seluk beluk dunia usaha memang sangat jauh berbeda terlebih bagi mereka yang belum mempunyai dasar – dasar yang memadai. Wajar jika kemudian merasa khawatir dengan investasi yang dilakukan, apakah akan bisa bertahan dan berkembang dengan baik atau tidak. Berangkat dari ketakutan itu, banyak orang memendam untuk memiliki usaha dan hanya menjadi wacana saja.

Jika tidak menginginkan proses yang rumit dalam membangun usaha dari awal, maka salah satu bentuk usaha yang cocok dicoba adalah bisnis franchise. Ini adalah cara terbaik, dalam mengurangi resiko kerugian yang seringkali terjadi pada masa awal – awal membuka usaha. Dengan nama besar franchise yang dipilih, maka tidak perlu pemasaran yang berarti. Masyarakat sudah terlebih dahulu mengenal brand franchise dan percaya untuk membeli ataupun menggunakan produk yang kita jual.

Selain itu, dukungan dari perusahaan induk juga sangat membantu proses awal dan memastikan partner franchise untuk sukses. Mulai dari pelatihan sumber daya manusia, bahan baku hingga manajemen dalam menjalankan usaha. Boleh dibilang dengan memilih bisnis franchise, maka kita sudah sangat siap dalam memulai usaha.

Sementara bagi owner franchise, keuntungan yang bisa ia peroleh dengan model bisnis ini adalah ekspansi brandnya berlangsung cepat. Cabang atau agen bisa dibangun dimanapun selama ada orang yang tertarik untuk membeli hak franchisenya. Selain itu, ia juga bisa memastikan distribusi produknya lebih luas dan menjangkau masyarakat lebih banyak.

Bisnis Franchise yang populer di Indonesia.

Saat ini sektor makanan dan minuman masih merupakan franchise yang menjanjikan. Selama masih ada orang yang lapar bisnis ini memang tidak akan pernah sepi.

ayam goreng

1. Franchise Ayam Goreng

Jika sebelumnya produk ayam goreng selalu identik dengan brand franchise dari luar negeri, maka kini telah banyak brand lokal yang juga diminati. Tidak hanya itu, varian geprek dan penyet juga kini ditawarkan sebagai franchise. Sebagai hidangan yang familiar di tengah masyarakat, maka tidak sulit untuk menjualnya. Peminatnya akan selalu ada dan dari segi pengolahannya juga tergolong sederhana.

2. Franchise Buble

Saat ini tengah viral jenis minuman buble drink, tidak hanya sebatas anak – anak tetapi remaja juga sangat menyukainya. Dengan trend yang terus meningkat, maka membeli franchise minuman buble ini juga akan sangat menguntungkan.

3. Franchise Bakso

Jika bicara bakso, sepertinya lekat sekali dengan kehidupan kita ya. Dengan dikemas dengan lebih menarik, bakso bisa menjadi peluang usaha yang menjanjika. Tidak perlu melakukan eksperimen mencari resep terbaik, membeli franchisenya akan jauh lebih cepat dan menguntungkan.

4. Franchise Martabak.

Makanan manis satu ini juga memiliki basis penggemar yang tidak sedikit. Dengan berbagai varian rasa dan kombinasi toping yang unik, maka martabak bisa menjadi makanan yang bisa dijual dengan mudah.

5. Franchise Kopi

Senja dan kopi, bagi para milenial saat ini seolah menjadi tagline dalam hidupnya. Untuk itu, franchise kopi saat ini jelas sedang mengalami hypenya. Dikombinasikan dengan tempat yang cozy dan nyaman pastinya bisa menggaet para milenial tersebut.

Nah itulah 5 franchise populer yang bisa menjadi inspirasi dalam menentukan jenis usaha yang akan dipilih. Dengan tumbuhnya kalangan menengah, rasanya bisnis ini akan terus berkembang dan sangat prospektif kedepannya.

comments