traveling tasikmalaya
traveling tasikmalaya

Tasikmalaya adalah kota yang sangat dinamis di Jawa Barat. Kota yang memiliki julukan sebagai “mutiara priangan timur” ini diberkahi alam yang indah sehingga memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik. Mulai dari pegunungan, hingga pantai bisa kita temukan di Tasikmalaya. Bahkan tidak hanya itu, wisata belanja dan budaya juga bisa kita temukan disini.

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Tasikmalaya, inilah dia destinasi wisata yang harus kamu kunjungi.

Destinasi wisata di Tasikmalaya.

Gunung Galunggung

Salah satu destinasi wisata unggulan Tasikmalaya adalah gunung Galunggung. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Tasik, akses jalannya sudah cukup baik sehingga bagi para wisatawan yang mau datang tidak perlu khawatir. Disini kita bisa naik ke atas kawah Gunung Galunggung dan menikmati view kota Tasik dari atas ketinggian. Namun yang perlu diperhatikan adalah persiapkan fisik, karena untuk bisa ke puncak kita harus menapaki ratusan anak tangga yang curam.

Ada dua tangga yang bisa dipilih, yakni tangga kuning berjumlah 620 tangga dan tangga biru berjumlah 512 tangga. Walaupun tangga biru lebih sedikiti memiliki anak tangga, tetapi ternyata kecuramannya bisa dibilang ekstrim. Saya sendiri ketika menaiki tangga ini cukup kerepotan dan terengah-engah bahkan beberapa kali berhenti untuk mengambil nafas. Setelah berada di puncak rasanya sangat lega dan melihat pemandangan yang luas ke arah kota Tasik.

Selepas naik ke kawah, jangan langsung pulang tetapi mampir dahulu ke pemandian air panas yang berada di bagian bawah destinasi wisata ini. Berendam dan relaksasi sejenak akan kembali menyegarkan tubuh. Ada beberapa pilihan kolam rendam, bahkan ada yang berbentuk kamar mandi privat.

tangga biru galunggung
tangga biru galunggung

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada gelaran agenda wisata tahunan bertajuk “Memories of Galunggung“, sebuah acara yang dimaksudkan untuk memperingati kejadian meletusnya gunung ini pada tahun 1982. Berbagai kegiatan menarik digelar mulai dari Glamping, Festival Budaya, hingga Galunggung Coffeecamp yang pastinya akan seru untuk di ikuti. Dan pada 2019 ini sepertinya ada penataan yang sedang dilakukan, dan semoga kedepannya Galunggung semakin menarik untuk dikunjungi.

Karang Resik

Karang Resik adalah destinasi wisata yang sudah cukup melegenda di Tasikmalaya, terkenal di era 90an dan sempat tenggelam di sekitar tahun 2000an kini Karang Resik kembali dengan konsep lebih modern dan kekinian. Dibangun spot-spot foto instagenik untuk menarik pengunjung milenial. Selain ity Taman wisata seluas 32 hektar ini juga dilengkapi dengan sejumlah wahana seperti wisata air, museum 3D, rumah pohon, farm house, flying fox melintasi Sungai Citanduy, bahkan agro wisata.

Karang resik cocok bagi tempat destinasi wisata keluarga, tiket masuknya hanya 15ribu rupiah dan letaknya tidak jauh dari pusat kota Tasik.

Pantai di Tasikmalaya

Tasikmalaya memiliki garis pantai yang eksotik, namun sayang belum banyak dikembangkan secara serius oleh pemerintah setempat. Setidaknya terdapat beberapa pantai yang terletak disini mulai dari Cipatujah, Sindangkerta dan Pantai Karang Tawulan. Susananya masih cukup sepi dan tidak banyak pengunjung, tiket masuk juga sangat terjangkau. Namun untuk mencapainya dari pusat kota Tasik membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 2 jam lebih dengan jarak sekitar 71 kilometer.

Di pantai ini kita bisa menikmati pantai yang indah dengan debur ombak yang berkejaran. Jika perut keroncongan, terdapat warung yang menyediakan sajian seafood yang akan terasa cocok sambil menikmati pantai ke laut lepas.

Kampung Naga

Ingin detinasi yang berbeda ?, Tasikmalaya juga mempunyai destinasi wisata dengan kearifan lokal yang sangat menarik, yakni Kampung Naga. Kampung yang masih memegang teguh adat tradisi ini terletak di Salawu Tasikmalaya dan berjarak sekitar 30kilometer dari pusat kota Tasik. Disini bangunan rumah warga masih berupa rumah panggung yang sederhana. Atapnya dari ijuk dan dindingnya dari anyaman bambu, sebuah gambaran kehidupan yang sangat bersahaja.

Pengunjung bisa belajar budaya setempat, karena Kampung Naga masih memiliki kearifan lokal yang terjaga dengan baik. Disini kita juga bisa membeli cendera mata khas yang sungguh unik.

Ke Tasikmalaya kini Bisa Naik Pesawat.

Destinasi menarik Tasikmalaya ini sayangnya belum banyak diketahui oleh khalayak ramai. Lokasi adalah salah satu alasan kenapa kota ini nampak kurang diminati oleh para wisatawan dari Jakarta maupun Bandung. Jika memakai transportasi mobil, dibutuhkan waktu yang lumayan panjang dan seringkali arus lalu lintas tersendat kemacetan di daerah Gentong dan Nagreg. Begitupun jika memilih transportai Kereta Api, dibutuhkan waktu setidaknya 7 jam.

Namun kini Traveling ke Tasikmalaya semakin mudah berkat dibukanya akses transportasi udara ke kota ini. Bagi kamu yang berasal dari Jakarta, bisa langsung menuju Tasikmalaya hanya dengan durasi terbang 55 menit saja. Maskapai yang melayani penerbangan ini adalah Wings Air dengan pesawat ATR 70 dan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusumah menuju Bandara Wiradinata Tasikmalaya. Harganya cukup terjangkau, berada di kisaran 500 ribuan sekali jalan.

Tiket Pesawat bisa dipesan dengan mudah melalui aplikasi online Pegipegi. Asyiknya terbang dengan Pegipegi adalah karena sudah dilengkapi dengan Travel Protection yang merupakan asuransi Penerbangan baik domestik maupun internasional. Dengan adanya fitur ini maka penumpang akan merasakan perjalanan yang aman dan terjamin karena sudah diberikan berbagai jenis perlindungan untuk bahkan dari kemungkinan keterlambatan penerbangan atau delay sekalipun.

 

Selain destinasi wisata diatas, masih ada yang lain seperti Situ Gede, Tonjong Canyon, Pasir Kirisik dan Wahana air artifisial seperti Teejay Waterpark. Dan, jangan dilupakan juga bahwa Tasikmalaya adalah tempat berbelanja bagi produk seperti bordir, anyaman dan kelom geulis yang legendaris.

Nah, yang pasti jika kamu ke berkunjung ke Tasikmalaya akan banyak sekali destinasi menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jadi kapan nih kamu akan ke Tasikmalaya ?.

comments