diaper bayi

Memiliki bayi berarti bertambah pula tanggung jawab Anda. Bayi yang baru lahir memerlukan perhatian khusus dari orang tuanya. Jangan mengeluh jika pagi-pagi buta Anda harus terbangun karena tangisan kehausan dan rasa tidak nyaman karena popok penuh. Begitulah wujud tanggung jawab Anda sebagai orang tua pada bayi yang baru lahir.

Orang tua juga harus dibekali dengan pengetahuan dalam membesarkan anak bayinya. Sebab, beberapa masalah kesehatan pada bayi kerap terjadi karena orang tua yang kurang paham dan perhatian. Salah satunya soal yang paling simpel: ruam popok. Banyak orang tua yang tak mengerti bahwa tak semua bayi pasti mengalami ruam popok.

Kulit bayi umumnya mengalami ruam akibat pemakaian popok. Akan tetapi tak semua bayi pasti mengalami ruam popok tersebut jika orang tua mengetahui cara merawat sang buah hati dengan benar. Ruam popok bisa dicegah dengan bantuan dari orang tua. Namun jika sudah telanjur, gunakan diaper cream bayi untuk kulit ruam. Berikut cara mencegah ruam popok untuk anak Anda.

Cara Mencegah Ruam Popok pada Bayi

1. Ganti popok yang kotor sesering mungkin
Popok yang kotor karena urin dan feses bayi harus sering diganti oleh orang tuanya. Itu untuk menjaga kebersihan kulit bayi dari bakteri dan kuman yang menempel di kulit.

2. Saat mengganti popok, bersihkan seluruh bagian yang terlindung termasuk lipatan kulit
Setelah membuka popok, seka kotoran yang menempel pada kulit bayi. Pastikan semua bagian kulit bayi telah bersih dari kotoran.

3. Basuh permukaan kulit bayi hingga bersih sebelum memakaikan popok baru
Lap kulit bayi dengan air hangat untuk membersihkan kotoran bekas popok. Jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas karena dapat melukai kulit bayi.

4. Pilih popok yang sesuai ukurannya dengan bayi Anda
Pastikan bayi Anda memakai popok satu tingkat di atas ukuran aslinya. Popok yang terlalu ketat bisa menimbulkan ruam di kulit si buah hati.

sleek baby diaper cream
sleek baby diaper cream

5. Jangan menggunakan sabun atau pembersih yang mengandung alkohol dan pewangi
Alkohol dan pewangi tidak bagus untuk kulit sensitif bayi. Oleh karena itu pilih bahan yang aman untuk menyeka kulit bayi dari kotoran-kotoran sisa popok.

6. Cegah ruam bayi dengan diaper cream
Oleskan krim pada bagian yang terlindung popok untuk menjaga kulit bayi tetap lembap. Sebab, kulit yang kering rentan mengalami ruam akibat popok.

7. Jangan selalu memakaikan popok pada anak Anda
Kulit bayi juga membutuhkan sirkulasi udara. Jadi, jika tak terlalu dibutuhkan, ada baiknya bayi tak memakai popok. Ruam juga bisa tercegah jika bayi tak memakai popok.

comments