haid tidak teratur bisa hamil
laurier

Haid atau menstruasi memang sesuatu hal yang wajar terjadi pada wanita. Menstruasi bisa menjadi pertanda bahwa wanita sudah dewasa seutuhnya. Rata-rata menstruasi terjadi saat anak berusia 12-14 tahun. Namun hal ini tidak berlaku pasti, mengingat dari pola makan, hormon, serta gaya hidup yang kurang baik juga bisa menjadi pemicu cepatnya seorang anak perempuan mengalami menstruasi lebih awal.

Hal ini penting dilakukan karena anak perempuan kita baru mengalaminya pertama kali. Sehingga Anda bisa memberikan edukasi terkait beberapa hal yang berhubungan dengan menstruasi. Seperti misalnya memberitahu apa itu menstruasi, mengajari cara memakai pembalut untuk pemula, dlsb. Namun tentunya tak cukup hal itu saja, berikut ini beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1.Memberikan penjelasan terkait menstruasi.
2.Meredam kekhawatiran dan ketidaknyamanan putri Anda ketika mengalami haid pertama kali.
3.Mempersiapkan pembalut pada tas bawaan mereka untuk berjaga-jaga ketika mengalami menstruasi hari pertama.
4.Menjelaskan tentang cara pemakaian, pemilihan, hingga membuang pembalut yang digunakan.
5.Mengalihkannya dari rasa tidak nyaman, seperti nyeri saat haid.
6.Segera hubungi dokter jika mengalami masalah yang serius.

Dengan mengalami menstruasi pertama, maka putri Anda kini sudah beranjak dewasa. Jelaskan pada putri Anda, jika setelah mengalami menstruasi maka hal ini menjadi pertanda semua organ reproduksinya telah bekerja secara sempurna. Sehingga Anda perlu mewanti-wanti anak Anda untuk selalu menjaga dirinya baik-baik. Nah, jika dalam perjalanannya nanti anak mengalami haid yang tidak teratur, maka sebagai orang tua Anda juga bisa membantu mencarikan solusi. Untuk yang sudah berkeluarga, tentu haid tidak teratur bisa hamil kemungkinannya. Namun untuk anak yang masih dalam tahap awal biasanya dipicu karena stress, berat badan yang tidak stabil, hormon, pola hidup, dlsb.

Nah, salah satu kunci menghadapi menstruasi pertama pada anak perempuan Anda yang perlu ditekankan lagi adalah tenang dan jangan panik. Anda harus bisa menguasai kondisi dan memberikan rasa aman dan nyaman mengingat ini adalah menstruasi pertamanya dan tahap awal menuju ke kedewasaannya.

comments