bau mulut

Apakah kamu pernah merasakan mulutmu menjadi bau? Terlepas itu ketika kamu bangun tidur atau setelah mengkonsumsi makanan dengan bau yang berlebih. Wajar sih karena setiap orang pasti pernah merasakan bau mulut namun bagaimana jadinya jika bau mulutmu mengganggu aktifitas sehari-hari? apalagi ada teman mu memberi tahu ke kamu klo mulutmu bau? Iyuhhh pasti kamu lgsg ngedrop malu dong. Nah agar bau mulutmu bisa ilang, ini ada beberapa tips menghilangkan bau mulutmu dijamin ampuh. Mau tau? Mari simak menurut popbela.com ini!

1.Gunakan flossing

Plak yang menumpuk pada gigi akan menimbulkan bakteri, nah ini dia yang membuat mulut kamu terasa bau. Plak terjadi karena ada sisa-sisa makanan pada sela gigi oleh karena itu untuk mengatasi bau mulut, kamu sebaiknya sikat gigi minimal dua kali ketika pagi dan sebelum tidur dan gunakan flossing setidaknya 1 kali setelah sikat gigi. Bentuk flossing ini seperti benang halus yang dapat membersihkan sisa sisa makanan yang sulit terjangkau oleh sikat gigi. Dalam penggunanaan flossing jangan terlalu kasar ya saat digunakan karena bila kasar akan merusak email gigimu.

2.Obat kumur

Obat kumur dipercaya untuk mengatasi bau mulut. Selain akan merasakan sensasi segar pada mulut, obat kumur juga mempunyai khasiat untuk menhancurkan bakteri penyebab bau mulut karena kandungan yang terdapat dari obat kmur mempunyai perlindungan extra agar mulut kamu tetap bersih dan nyaman. Saat ini sudah banyak obat kumur tersedia di supermarket atau apotik terdekat. Kamu hanya tingal memilih varian rasa dan kandungan ektra lebih karena sejatinya semua obat kumur akan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

3.Sikat lidahmu

sikat lidah

Coba deh kamu bercermin dan julurkan lidah kamu, apakah terdapat lapisan putih? Karena biasanya lapisan putih yang terdapat pada lidah kamu itu adalah sarang bakteri yang membuat nafas kamu bau. Nah kamu bisa menghilangkan lapisan putih pada lidah mu dengan menggosoknya menggunkan sikat gigi dengan lembut. Namun ada juga alat untuk membersihkan kotoran pada lidah yaitu scraper. Scraper akan mengambil kotoran dan kulit mati pada lidah dengan cepat sehingga lidahmu menjadi bersih. Mudah bukan?

4.Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut

Cara selanjutnya yaitu kamu hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut. Contohnya seperti bawang-bawangan, jengkol, petai, dan sebagainya. Karena ketika kamu telah mengkonsumsi makanan tersebut, menyikat gigi pun tidak cukup menghilangkan bau yang di akibatkan oleh makanan tersebut. Karena zat yang terkandung dalam makanan tersebut masuk kedalam lambung kamu dan gas yang akan keluar dari lambung akan menimbulkan bau menjalar ke kerongkongan dan mulut kamu. Jika kamu ingin mengkonsumsi makanan tersebut, ada baiknya kamu bisa mengkonsumsi sepulang aktifitas karena kamu tidak ingin mulut mu bau kan ketika berkatifitas?

5.Kunyah permen karet bebas gula

Cara mengatasi bau mulut selanjutnya yaitu mengunyah permen karet bebas gula setelah makan. Usahakan jangan mengkonsumsi permen karet mengandung gula karena bakteri pada mulut menyukai gula, dan bakteri akan membuat asam sehingga dapat menyebabkan gigimu rusak dan bau pada mulut. Oleh karena itu kunyahlah permen karet yang bebas gula dan mempunyai kandungan mint. Mint dapat membantu agar nafas kamu menjadi fresh dan bagian mulutmu terasa sejuk secara instan.

Itulah beberapa cara agar bau mulut kamu bisa hilang. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya guys..

comments