merawat luka

Apakah Anda pernah terjatuh dan terluka? Lalu dibiarkan saja dengan anggapan lukanya akan sembuh, tapi yang terjadi lukanya malah semakin parah. Hal itu merupakan akibat dari perawatan luka yang salah, baik itu karena salah obat, atau pembiaran yang berujung masalah kesehatan serius. Seperti apa sebenarnya cara merawat luka? Begini prosedur tepat yang harus dilakukan.

5 Langkah Merawat Luka Terbuka

Untuk merawat luka terbuka bisa dilakukan dengan cara berikut ini. Dimulai dari mencuci tangan dengan bersih, tekan bagian luka dengan kain bersih, bilas hingga bersih, beri antibiotik atau produk promo obat luka tidak lengket di kasa, dan beri perban atau kasa. Lakukan langkah ini dengan benar agar luka bisa cepat kering dan sembuh.

– Cuci Tangan
Pastikan tangan Anda bersih dan steril saat akan membersihkan dan merawat luka. Cuci dengan sabun yang mengandung antiseptik hingga benar-benar bersih, agar tidak menjadi media pemindahan kuman dari tangan ke area luka.

– Tekan Bagian Luka
Jika luka mengeluarkan darah, maka tekan dengan menggunakan kain bersih berbahan halus agar darahnya cepat berhenti. Jika dibiarkan maka akan mengakibatkan penderita kehabisan darah.

– Bilas
Setelah darah dari luka tersebut berhenti, saatnya membersihkan luka dengan membilasnya menggunakan air mengalir. Jika memungkinkan Anda bisa membilasnya dengan sabun antiseptik agar kuman yang menempel dapat hilang. Pinset steril juga dapat digunakan untuk mencabut kotoran yang mungkin masih tersisa pada permukaan luka.

antibiotics

– Beri Obat dan Antibiotik
Setelah luka benar-benar bersih saatnya memberikan obat di area luka. Bisa menggunakan obat merah, atau salep yang mengandung antiseptik. Biarkan hingga obat menyerap dan kering, baru dilakukan perawatan selanjutnya.

– Tutup Dengan Perban
Agar luka tidak kembali kotor akibat debu dan kuman, maka sebaiknya ditutup dengan menggunakan perban. Pastikan perban memiliki pori-pori yang bagus agar proses penyembuhan luka tidak terganggu.

Merawat luka sama halnya dengan merawat kandungan, dimana sang ibu harus memperhatikan makanan dan menggunakan vitamin yang cocok untuk ibu hamil. Penderita luka juga harus menjaga kondisi agar luka cepat sembuh, salah satunya merawat dengan cara yang tepat, agar tidak bertambah parah dan terhindar dari infeksi.

comments