toyota altis

UMWT (UMW Toyota Motor) telah meluncurkan Toyota Corolla generasi terbaru untuk pasar Malaysia. Model ini lebih dulu mendarat di Indonesia pada 12 September 2019 lalu.

Toyota Corolla Altis terbaru dibawa ke Malaysia dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Thailand, sama seperti yang dipasarkan di Indonesia. Namun, Corolla Altis yang dibawa ke Malaysia dan Indonesia ini memiliki perbedaan utama yang terletak pada variannya.

Toyota Corolla Altis terbaru hadir dalam memenuhi kebutuhan para konsumen yang selalu berubah seiring waktu berjalan. Mobil tersebut mengusung konsep ‘Prestise and Advanced’ sehingga para konsumen memiliki ekspektasi lebih tinggi terhadap mobil ini.

“Selama beberapa dekade, Toyota Corolla telah menjadi model inti dalam jajaran kami. Dengan mempertimbangkan kebutuhan konsumen yang berubah, setiap generasi baru telah dikembangkan. Dan generasi ke-12 ini sejalan dengan tujuan Toyota untuk menawarkan mobil yang lebih baik kepada konsumen,” jelas Ravindran K selaku Presiden UMWT, seperti dikutip Carmudi dari The Sun Daily.

Toyota Corolla Altis terbaru ditawarkan dalam dua varian di Malaysia, yakni Corolla 1.8G dan Corolla 1.8E. Kedua mobil ini dibekali mesin 2ZR-FE berkapasitas 1.8 liter empat silinder dengan Dual VVT-i. Dengan dibenamkan mesin tersebut, diklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 137 Hp pada 6400 Rpm serta torsi 173 Nm pada 4000 Rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT.

Ini menjadi perbedaan paling mencolok antara Toyota Corolla Altis terbaru di Indonesia dengan Malaysia. Corolla Altis yang dijual di Indonesia ditawarkan dalam 3 varian, yakni All New Corolla Altis 1.8 G dan 1.8 V dengan mesin berbahan bakar bensin serta All New Corolla Altis HEV (Hybrid Electric Vehicle) berteknologi Hybrid generasi ke-4 sebagai teknologi hybrid terbaru yang dikembangkan Toyota.

Mesin Toyota Corolla Altis Hybrid Mirip C-HR

Untuk mesin, Toyota Corolla Altis versi hybrid telah dibekali mesin 1.8 HEV CVT yang sama digunakan oleh Prius Gen-4 dan Toyota CH-R. Mesin berkode 2ZR-FXE ini memiliki kapasitas sebesar 1.798 cc 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i.

Selain itu, mesinnya dapat mengeluarkan daya hingga 93 Hp pada 5200 Rpm dan torsi 14,47 Kgm pada 4000 Rpm. Di sisi lain, motor listriknya dapat mengeluarkan daya sebesar 70 Hp dan torsi 16,62 Kgm.

Penggunaan teknologi hybrid pada Toyota Corolla Altis terbaru ini diklaim lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mesin konvensional. Carmudi rangkum harga lengkap dari Toyota Corolla Altis terbaru sebagai berikut.

  • Toyota All New Corolla Altis 1.8 G A/T Rp 468,2 juta
  • Toyota All New Corolla Altis 1.8 V A/T Rp 489,3 juta
  • Toyota All New Corolla Altis HEV Rp 566,3 juta.

 

comments