Suzuki Jimny

Pada ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2019 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah meluncurkan generasi terbaru dari Suzuki Jimny. Mobil tersebut merupakan generasi keempat Jimny yang resmi dirilis oleh PT SIS.

Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT SIS di GIIAS 2019 mengatakan bahwa Suzuki Jimny terbaru merupakan mobil yang penuh dengan nilai sejarah, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Sejak peluncuran perdananya di tahun 1979 sampai varian terbaru yang diluncurkan pada GIIAS 2019, Jimny mencatat angka penjualan sebanyak lebih dari 130 ribu unit.

Suzuki Jimny memiliki kenangan yang sangat melekat di konsumen sejak tahun 1979. Ini terbukti dengan catatan penjualan Jimny sebanyak 130.334 unit sejak 1979 hingga sekarang. Semua varian Suzuki Jimny yang diluncurkan di Tanah Air selalu membangkitkan memori yang sangat historis serta fenomenal,” jelas Donny di ajang GIIAS 2019.

Sejarah Suzuki Jimny

Hingga saat ini, terdapat 4 generasi Suzuki Jimny yang dijual secara resmi oleh PT SIS. Varian pertamanya adalah Suzuki Jimny LJ80 atau lebih dikenal dengan nama Suzuki Jimny Jangkrik. Mobil tersebut dibekali mesin dengan kapasitas sebesar 800 cc. Sebagai informasi, Suzuki Jimny Jangkrik dirakit di Indonesia.

Selain itu, Jimny Jangkrik juga memiliki model turunan yaitu LJ-80V dan LJ-80Q yang diproduksi hingga tahun 1981. Mobil ini memiliki pintu yang terbuat dari bahan metal. Generasi kedua dari Suzuki Jimny adalah Jimny SJ410. Varian ini merupakan varian paling banyak dilihat dan dimiliki oleh para konsumen Tanah Air. Suzuki Jimny SJ410 diluncurkan pada 1982 dengan mesin berkapasitas 1.000 cc, 4 silinder.

Tidak banyak yang tahu bahwa Suzuki Jimny awalnya diproduksi dengan penggerak 4 roda untuk tipe SJ410. Kemudian pada pertengahan tahun 1990-an, pihak Suzuki meluncurkan Jimny dengan penggerak dua roda yang diberikan nama Katana.

Katana ini berhasil membuat Suzuki Jimny berada di puncak popularitas pada masanya. Mobil tersebut tidak hanya memiliki bodi kompak dan mudah dimodifikasi, tetapi juga lincah saat dibawa bermanuver serta tangguh sehingga menarik banyak minat konsumen.

Karena banyaknya peminat pada Katana, Suzuki meluncurkan versi long wheel base-nya yang dikenal dengan nama Jimny Long. Pada tahun 2004 lalu, Suzuki merilis Jimny generasi kedua, SJ413. Jimny tipe ini memiliki extra cab dan mirip seperti mobil pikap dengan mesin berkapasitas 1.300 cc.

Di tahun 2017 lalu, Suzuki meluncurkan Jimny generasi ketiga yang dijual terbatas, hanya 88 unit saja. Hadir dengan desain lebih modern, varian ini dinamakan Suzuki Jimny JB33. Jimny JB33 atau Jimny Wide memiliki mesin dengan kapasitas sebesar 1.300 cc. Selain itu, dilengkapi dengan penggerak All-Wheel Drive (AWD).

Suzuki Jimny ini pun pernah berhasil mendapatkan gelar World Car Design of the Year dan World Urban Car di ajang World Car Awards 2019.

comments