the-moonDi awal tahun, kami memasukkan serial The Moon That Embraces The Sun (TMTETS) dalam prediksi 8 serial drama Korea paling dinantikan tahun 2012. Prediksi kami tak meleset.
TMTETS kini menjadi serial drama paling dibicarakan di Korea. Alur kisah yang penuh intrik, soundtrack yang mengena, pemain rupawan, dan akting yang meyakinkan menjadi alasan kuat, mengapa serial ini begitu disukai. Di samping itu, mengingat serial bergenre sejarah ini diangkat dari novel karangan Jung Eun Gwol, penulis novel Sungkyunkwan Scandal yang juga sukses saat diangkat ke layar kaca, ekspektasi terhadap serial ini memang tinggi.
Jung Eun Gwol kembali menggunakan genre saeguk alias sejarah di TMTETS.
Berlatar zaman Dinasti Joseon, kisah dan penokohannya fiktif. Bercerita tentang cinta rahasia antara seorang raja Dinasti Joseon bernama Lee Hwon dengan gadis bernama Wol. Wol sebenarnya keturunan bangsawan kerajaan, bahkan memiliki potensi menjadi putri mahkota. Hubungan cinta terlarang itu akhirnya terungkap, namun hanya Wol yang menjalani hukuman hingga ia memutuskan menjadi seorang shaman alias cenayang.
Atensi besar terhadap serial ini sudah mulai terasa sejak proses produksi awal. Produser mengaku kesulitan menentukan pemain utama pria, karena pilihan pemain yang salah akan berdampak pada citra karakter. Untuk peran Lee Hwon, dibutuhkan sosok aktor muda berusia 20-an yang mampu memerankan karakter serial saeguk dan memiliki kemampuan mengolah karakter serta kepribadian Lee Hwon yang unik — tentunya didukung karisma dan wajah yang rupawan. Siapa bintang yang cocok untuk peran utama?

Kim Soo Hyun dan Han Ga In, Pilihan Tepat
Produser mengirimkan tawaran kepada sejumlah aktor kandidat pemeran utama TMTETS seperti Park Shi Hoo (The Princess’s Man), Park Yoochun (Sungkyunkwan Scandal, Miss Ripley), Song Joong Ki (Sungkyunkwan Scandal), dan Kim Soo Hyun (Dream High). Setelah melalui berbagai pertimbangan, nama Kim Soo Hyun yang terpilih memerankan Lee Hwon. Sementara peran utama wanita, Wol, jatuh ke tangan Han Ga In (Bad Boys). Juga ada Jung Il Woo (49 Days, Flower Boy Ramyun Shop) yang memerankan tokoh Pangeran Yang Myun.
Popularitas Kim Soo Hyun setelah membintangi serial Dream High masih terasa. Kini, peran Lee Hwon telah menciptakan apa yang disebut “Sindrom Kim Soo Hyun”. Inilah hasil bekerja dengan semangat. Manajemen Kim Soo Hyun, Key East Entertainment, mengatakan sejak awal Soo Hyun begitu tertarik dengan peran Lee Hwon. “Bahkan sebelum tawaran datang, Kim Soo Hyun sudah membaca dan sangat menikmati novelnya. Saat keputusan (kasting final) diumumkan, dia mengatakan, ‘Saya sangat ingin melakukannya,’ lalu dia mendapatkan peran itu,” ungkap perwakilan Key East Entertainment.
Penampilan Kim Soo Hyun di episode perdana TMTETS yang tayang di TV MBC pada 4 Januari lalu mendapat sambutan positif. Penonton langsung bisa merasakan kepedihan kisah cinta sang raja. “Kim Soo Hyun bermain sangat bagus. Mata itu… momen saat mereka menunjukkan cintanya, memicu emosi saya,” komentar seorang fan. “Akting Kim Soo Hyun membuat saya semakin terlarut dalam kisahnya. Citranya yang romantis dan karismatik adalah yang terbaik!” imbuh penonton lain.
Akting Kim Soo Hyun tak akan menyukseskan serial ini jika tak didukung lawan mainnya. Han Ga In pun tak mengecewakan. Sejak episode pertama, aktris yang usianya lebih tua enam tahun dari Kim Soo Hyun ini dinilai memerankan tokoh Yeon Woo, yang kemudian berubah menjadi seorang dukun bernama Wol, dengan baik. Kecantikan dan aura misteriusnya bisa dirasakan penonton, bahkan dalam adegan di mana ia hanya muncul lima detik tanpa dialog, namun dengan tatapan mata dan ekspresi wajahnya berbicara. “Saya sangat penasaran akan seperti apa karakter Han Ga In,” ungkap seorang penonton. “Aura misteriusnya sangat cocok dengannya,” ceplos penonton lain.

Rating Melejit dan Soundtrack Ciamik
Seperti kami sebutkan di atas, keberhasilan serial ini didukung soundtrack berjudul “Back In Time” yang dilantunkan penyanyi Lyn dengan ciamik. Lagu ini mulai merangsek ke peringkat teratas tangga lagu Olleh Music, Melon, dan Naver sejak 27 Januari, bersaing dengan hits para boy dan girl band seperti “Lovey Dovey”-nya T-ara, “I Knew It” B2ST, “You and I” IU, dan banyak lagi. “Meningkatnya popularitas serial ini berakibat pada menurunnya popularitas lagu-lagu penyanyi idola. Lagu soundtrack ini menduduki peringkat minimal sepuluh besar di setiap tangga musik daring,” kata perwakilan KT Music.
Keberadaan TMTETS pun menjadi ancaman berat untuk serial Goo Hye Sun, Please Take Care of Us, Captain (SBS), juga serial terbaru Lee Dong Wook, Wild Romance (KBS), yang tayang di hari dan jam yang sama. Menurut survei AGB Nielsen, episode pembuka TMTETS memperoleh rating 18 persen, lalu melonjak hingga mencapai 37,1 persen di episode ke-10! Sementara Please Take Care of Us, Captain tertinggal dengan rating 7,5 persen, dan Wild Romance hanya kebagian 4,5 persen. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat seiring konflik yang makin tajam di babak pertengahan kedua serial yang direncanakan sebanyak 20 episode ini. Antusiasme penonton juga terlihat dari semangat mereka mendapatkan kabar terbaru soal serial ini, seperti saat sutradara mengunggah foto-foto suasana lokasi syuting TMTETS di Twitter atau blog. Rating yang nyaris menembus angka 40 persen membuat serial ini menjadi kandidat kuat untuk dinobatkan sebagai “Drama Nasional”.

comments