simpleaja.com – Bagi pasangan yang menikah, mempunyai anak adalah pelengkap kebahagian dalam berumah tangga. Menjadi orang tua sesungguhnya dengan membesarkan sang buah hati. Maka tak jarang banyak dari pasangan yang baru menikah ingin segera memiliki momongan.

Lalu bagaimanakah merencanakan dan melakukan persiapan kehamilan pertama ?. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu.

1. Jaga Pola Makan Sehat

Untuk mempersiapkan diri menjadi orang tua, alangkah baiknya dimulai dengan menjaga pola makan dengan asupan yang baik dan bergizi. Perbanyak makanan yang mengandung asam folat seperti kacang-kacangan dan telur akan sangat baik bagi perkembangan sang buah hati kelak. Jangan lupakan juga makanan mengandung vitamin b6, vitamin c dan zat besi agar kondisi badan selalu fit dan sehat.

2. Persiapkan Mental

Selain asupan makanan yang bergizi, faktor mental juga sangat penting dalam persiapan kehamilan pertama. Kondisikan anda dan siap menerima keadaan sebagai orang tua untuk pertama kalinya. Sehingga pada saatnya nanti, anda tidak akan kaget dan dapat menjaga serta merawat sang buah hati dengan baik hingga menjadi anak yang kuat dan sehat.

3. Menjaga Kebugaran Tubuh

Menjalani kehamilan menuntut kondisi fisik yang kuat dan sehat, terlebih anda akan mengalaminya selama 9 bulan kedepan. Untuk itu anda harus menjaga kebugaran dengan baik, Olahraga lah dengan rutin untuk terus menjaga kebugaran anda selama masa kehamilan.

4. Hindari Makanan dan Minuman Berbahaya.

Kategori berbahaya disini adalah makanan dan minuman yang akan berdampak buruk bagi kesehatan dan dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi si buah hati. Hindari makanan yang tidak bergizi, kafein, alkohol dan obatan-obatan keras.

5. Hindari Stress

Yang tak kalah penting dari poin-poin diatas adalah senantiasa menjaga pikiran selalu fresh dan positif. Hindari stress akibat dari pekerjaan ataupun rutinitas. Hal ini bisa dimibangi dengan liburan ataupun menghabiskan waktu dengan keluarga yang dicintai.

Demi memperoleh keturunan yang baik dan sehat, sudah seharusnya sebagai calon orang tua anda mempersiapkannya dengan baik. Semoga dengan beberapa tips diatas akan membantu anda dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi kehamilan pertama.

comments