simpleaja.com – Demi gaya hidup yang lebih sehat banyak orang rela melakukan apapun, termasuk juga menjalani diet rendah lemak. Diet ini memiliki manfaat untuk bentuk badan yang proporsional dan juga menurunkan kolesterol yang mengancam jantung. Diet Rendah lemak diantaranya dilakukan dengan mengontrol asupan makanan yang mengandung lemak. Untuk menjalani diet jenis ini kita membutuhkan pengetahuan tentang jenis makanan rendah lemak, apa sajakah itu ? yuk kita simak.

1. Sayur-sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk tubuh, apalagi jika ditanam secara organik yang tentu akan lebih baik lagi. Kandungan kalori di dalam sayur dan buah biasanya sangat rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi pelaku diet rendah lemak. Beberapa contoh sayuran yang baik adalah brokoli, wortel, timun, kembang kol, seledri, tomat, dan kubis. Sedangkan untuk buah-buahan adalah avokad, anggur, pepaya, jeruk, kiwi, nanas, stroberi, dan semangka. Sayur-sayuran banyak mengandung air yang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian.

Selain rendah lemak kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Kandungan serat alaminya pun sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

3. Ikan dan Daging.

Diet rendah lemak tidaklah tabu untuk mengkonsumsi daging maupun ikan, Pastikan ikan dan daging yang dikonsumsi diolah dengan cara yang sehat juga yaitu ditumis dengan sedikit minyak , dipanggang atau dikukus. Hindari mengolah ikan dan daging dengan cara menggoreng garing.

Selain memilih jenis makanan rendah lemak, pelaku diet ini pun sebaiknya memilih makanan yang dimasak dengan cara direbus, dikukus ataupun dipanggang. Selain itu hindari juga konsumsi gula yang dapat memicu kalori berlebihan, gantilah gula yang dipakai dengan gula rendah kalori untuk tetap dapat menikmati rasa manis.

Dengan menjalani gaya hidup sehat serta rajin berolahraga dapat membantu kita terhindar dari berbagai timbulnya penyakit. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Secara keseluruhan tidaklah sulit menjalani diet seperti ini, kenali jenis makanan rendah lemak dan seiring dengan kebiasaan tentu akan mudah untuk dijalani. Nah apakah anda tertarik menjalani diet rendah lemak ?.

comments