Dibanding jenis minuman lainnya, orang-orang lebih setia pada kopi. Selain kandungan kafein-nya yang dapat membuat mata melek, kopi juga dianggap sebagai minuman wajib saat ‘ngobrol-ngobrol’. Inilah yang membuat bisnis coffee shop semakin menjamur, baik di perkotaan maupun di daerah-daerah. Banyak orang yang skeptis dengan bisnis coffee shop ini karena menganggap modalnya terlalu besar. Padahal ada loh, trik-trik agar bisnis coffee shop ini tidak memerlukan banyak modal. Nah untuk memandu kamu, berikut ini beberapa tips bisnis coffee shop dengan modal ringan, selamat menyimak!

Coffee Truck
Jika kamu ingin memulai bisnis coffee shop namun minim dana, maka mulailah dengan membuat coffee truck. Apa itu coffee truck? Coffee truck atau gerobak kopi merupakan coffee shop yang menggunakan gerobak (mirip pedagang kaki lima), dan bisa dipindahkan sesuai keinginan penjual. Jadi kamu tidak perlu menyewa tempat, cukup gunakan gerobak dan mulailah berjualan kopi dari satu tempat ketempat lainnya. Kamu tidak perlu menggunakan coffee grinder ataupun French press berharga super mahal, cukup beli yang murah saja. Nah agar lebih murah sebaiknya kamu membeli peralatan kopi di online shop yang menawarkan banyak diskon. Salah satunya yaitu Tokopedia, dengan memanfaatkan kode voucher Tokopedia 2017, kamu sudah bisa mendapatkan peralatan coffee shop terbaik. Jika kamu ingin menjajal bisnis coffee shop, jangan lewatkan kode voucher Tokopedia ini ya!

Cold Brew
Apa itu cold brew? Cold brew ini merupakan salah satu ceruk bisnis coffee shop namun tanpa memerlukan tempat usaha. Jadi cold brew ini merupakan kopi seduh dingin yang bisa dikemas hingga menjadi produk siap jual. Bagaimana dengan modal? Nah untuk memulai bisnis cold brew ini tidak terlalu mahal kok, cukup beli coffee pot (harganya 200 ribuan) dengan biji kopi tentunya. Selain rasanya yang harus diperhatikan, jangan lupa untuk memperhatikan kemasannya. Usahakan kemasan dibuat semenarik mungkin, dan merepresentasikan rasa dari kopi yang kamu jual.

Coffee Shop Manual
Meskipun agak lebih mahal dibanding ide-ide sebelumnya, namun kamu masih bisa menggunakan modal ringan dalam membangun coffee shop manual. Coffee shop manual ini berarti kamu harus membuat kopi secara manual, otomatis kamu harus memiliki ilmu membuat kopi yang benar. Kamu tak perlu menyewa kedai yang terlalu besar, dan tak perlu menggunakan furnitur-furnitur berharga selangit. Yang perlu kamu kedepankan yaitu keunikan kopi yang kamu tawarkan, dan desain ruangan yang artistik dan cozy. Kamu juga tak perlu menjual makanan, dan lebih fokus pada coffee shop specialty. Bagaimana menarik bukan? Kamu tak perlu membeli mesin espresso mahal, cukup gunakan mesin espresso murah meriah saja.

comments