Seafood menjadi salah satu makanan yang digemari tidak hanya karena rasanya namun juga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Banyak jenis bahan makanan yang termasuk sebagai seafood dan salah satunya adalah kepiting soka. Di restaurant seafood murah di Jakarta menyediakan kepiting soka menjadi salah satu yang digemari. Walaupun satu porsi masakan dengan kepiting soka cukup menguras kantong, akan tetapi tidak menyurutkan konsumen untuk menikmatinya.

Kepiting soka atau asoka merupakan kepiting yang masih dalam tahap pergantian cangkang atau sedang mounting. Kepiting setiap 20 hari akan melepaskan cangkang, di hari ke-19, cangkang yang lama akan terlepas dan cangkang yang baru masih belum mengeras. Kepiting ini yang nantinya dipanen. Termasuk sebagai bahan makanan yang mahal karena kepiting yang disebut juga sebagai kepiting lemburi atau soft shell crab ini harga per kg dapat menembus Rp 105 ribu.

Banyak alasan yang menjadikan kepiting soka menjadi primadona bagi pecinta seafood. Diantaranya yaitu:

• Memiliki tekstur yang lembut sehingga lebih enak.
• Semua bagian dari kepiting seperti di bagian cangkang dan capitnya juga dapat dimakan sehingga lebih mudah untuk Anda saat mengkonsumsinya tanpa harus membuka cangkang.
• Memiliki nutrisi yang tinggi karena mengandung vitamin B12, niacin, folate, potasium, phosporous, copper, zinc, selenium, omega-3, omega-6.
• Membantu untuk menyerap kolesterol dan lemak serta racun lain dalam tubuh karena mengandung chitosan dan karetenoid.
• Mencegah kanker dan perusakan hormon karena mengandung selenium.
• Dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Banyak tempat makan olahan seafood yang menawarkan kelezatan dari kepiting soka dan salah satunya adalah di Ta Wan Restaurant. Tempat makan yang sudah lama berdiri dan terkenal akan masakannya yang memiliki cita rasa oriental yang lezat tersebut memiliki menu kepiting soka khas Ta Wan dan kepiting soka lada garam. Keduanya menu dengan kepiting lemburi tersebut diolah dengan menggunakan bumbu khas Ta Wan yang tidak ada di tempat lain ditambah dengan bubur kepiting. Jadi Ta Wan juga adalah tempat makan bubur enak di Jakarta dan tentunya akan membuat Anda datang kembali ke Ta Wan untuk merasakannya lagi.

comments