Penjualan tiket kereta lebaran saat ini sudah mulai dibuka, jadi bagi Anda yang menginginkan mudik lebaran dengan jarak jauh menggunakan transportasi kereta api, maka Anda harus segera mempersiapkan tiket kereta lebarannya. Lebih cepat lebih baik bukan? Segera dapatkan tiket kereta lebaran melalui situs resmi PT KAI atau membelinya langsung di loket stasiun yang tersedia.

Semakin banyaknya masyarakat yang menginginkan perjalanan mudik lebaran, maka kesempatan untuk memperoleh tiket kereta lebaran pun akan semakin ketat. Hal ini dikarenakan melonjaknya jumlah penjualan tiket kereta tersebut. Tak jarang bagi pembeli secara online dikecewakan dengan lemotnya server untuk mengakses laman PT KAI ataupun agen penjualan tiket kereta lebaran lainnya karena penjualan meningkat tajam. Selain itu ada juga yang telah berjam-jam mengantri namun tidak mendapatkannya karena tiketnya sudah habis.

Perlu diketahui bahwa penggunaan situs PT KAI atau situs agen penjualan lain secara bersamaan dengan jumlah yang sangat banyak, maka dapat menyebabkan errornya website. Hal ini dikarenakan website sendiri mempunyai batasan volume akses tertentu. Apabila aksesnya melebihi batasan tersebut, maka websitenya akan menjadi error. Apabila sudah terjadi seperti ini, maka tentu akan sulit untuk masuk ke websitenya. Nah, berikut ini ada beberapa cara mudah agar dapatkan tiket kereta lebaran.

1. Persiapan perangkat
Perangkat di sini berarti laptop atau komputer beserta internetnya. Sangat disarankan juga untuk tidak menggunakan handphone maupun tablet apabila traffic websitenya sangat tinggi. Gunakan saja laptop atau komputer dengan internet yang stabil untuk memesan tiketnya secara online.

2. Persiapan data
Persiapkan data diri Anda yang meliputi nama, nomor KTP, nomor handphone sebelum mengakses internet. Anda bisa menulisnya terlebih dahulu pada MS. Word agar cepat input datanya.

3. Persiapan waktu
Penjualan tiket kereta lebaran biasanya dibuka pada pukul 00.01 atau pada saat tengah malam. Maka, segeralah akses websitenya sekitar 15-20 menit sebelumnya. Anda bisa menunggu meski dengan membukanya berulang-ulang.

4. Persiapan dana
Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli tiket kereta lebaran. Biasanya akan diberikan senggang waktu 1 jam untuk melakukan pembayaran melalui transfer apabila Anda membelinya secara online.

5. Persiapan jarak menuju ATM
Anda juga perlu memperhitungkan jarak menuju ATM agar waktu senggang yang diberikan tidak akan habis selama perjalanan menuju ATM. Namun akan lebih baik apabila Anda bisa mentransfernya secara online. Anda bisa mendownload aplikasi e-banking melalui playstore.

Itulah beberapa cara mudah membeli tiket kereta lebaran agar tidak kehabisan. Ada beberapa hal lain juga yang mempengaruhi proses pembelian tiket tersebut. Yaitu tentang kondisi kesehatan Anda. Apabila Anda dalam keadaan sehat, maka tentu akan cepat dalam memperoleh tiketnya. Selain itu Anda juga harus siap jika ada kemungkinan padamnya listrik hingga Anda harus mencari listrik cadangan apabila menggunakan komputer. Tetapi kalau menggunakan laptop, maka masih bisa bertahan beberapa jam.

comments