Lidah Buaya adalah tanaman yang cukup umum dijumpai di Indonesia, kemampuanya untuk tumbuh di berbagai kondisi tanah dan cuaca membuatnya relatif mudah untuk dibudidayakan. Menariknya, Lidah Buaya bukan hanya sekedar tanaman biasa, ia memiliki bermacam khasiat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Fungsi Lidah Buaya bahkan telah jauh dikenal sejak masa ribuan tahun yang lalu sebagai tanaman yang digunakan untuk penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Hal ini tidak lepas dari berbagai zat yang terkandung di dalam Lidah buaya sangat baik untuk tubuh. Hampir semua jenis vitamin kecuali vitamin D, berbagai mineral yang dapat meningkatkan fungsi enzim, hingga zat anti mikroba dan bakteri yang dapat digunakan sebagai obat penyembuh luka yang efisien. Zat anti-flamasi dalam Lidah Buaya memberikan pengobatan secara alami dalam membantu menyembuhkan kulit yang bermasalah.

Bahkan Plak gigi pun dapat dihilangkan dengan menggunakan Lidah Buaya. Lidah Buaya murni yang disajikan dalam bentuk Jus ternyata efektif untuk mengurangi plak-plak yang membandel. Dikutip dari “Health Journal” Jus tersebut memiliki fungsi yang sama dengan zat chlorhexidine atau antiseptik golongan antimikroba yang biasa terkandung dalam obat kumur. Jika dibandingkan, Lidah buaya memiliki kelebihan yakni sebagai bahan yang lebih alami dan relatif lebih aman, daripada dibandingkan dengan obat kumur yang biasanya mempergunakan kandungan alkohol tinggi yang pada akhirnya bisa menyebabkan mulut kering dan sensitif.

Fungsi Lidah buaya yang lainnya adalah mampu digunakan sebagai pengobatan untuk mengurangi iritasi kulit. Kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, atau rosacea disebut bisa diredakan dengan khasiat lidah buaya. Dengan penggunaan selama 2-3 bulan, krim lidah buaya ini dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh Psoriasis.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Lidah buaya mengandung berbagai vitamin penting yang baik untuk tubuh. Hal ini dikuatkan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh “The Indian Journal of Dermatology” memaparkan bahwa lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin A,C dan E, tetapi juga mengandung mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. Hingga pada akhirnya bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi kulit kering.

comments