gaya hidup sehat

Komitmen untuk menikmati gaya hidup sehat bisa dimulai dari perbaikan pola makan, karena apa yang dimakan dari sanalah ditemukan beragam bibit masalah atau manfaat. Asalkan makanan yang dikonsumsi selama ini bisa dikatakan sehat serta bersih maka akan berimbas pada kondisi tubuh yang bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Kalau sudah membahas masalah penyakit dijamin semua orang akan terketuk hatinya memperbaiki pola makanya, dan berlanjut ke gaya hidup lain misal lebih sering berkunjung ke gym.

Tips Menerapkan Pola Makan Sehat

Bagi masyarakat di perkotaan tentu menghadapi lebih banyak kesulitan untuk bisa makan dengan benar dan sehat. Agar terbiasa menikmati santapan bermanfaat berikut tips menerapkan pola makan dengan benar:

  1. Terbiasa makan masakan sendiri,

Kalau ingin hidup sehat maka penting untuk menyantap makanan rumahan karena diolah sendiri sehingga terjamin bersih dan sehat. Apabila terlalu sering makan di luar Anda tidak akan tahu apakah bahan makanannya segar dan alat memasaknya bersih maksimal. Ada resiko mengkonsumsi zat kimia berbahaya, maka hidup sehat terasa semakin jauh untuk dijangkau.

  1. Mengkombinasikan menu agar kaya nutrisi,

Tidak hanya belajar menikmati masakan sendiri Anda pun perlu belajar menyusun menu yang kaya nutrisi. Jangan sampai Anda hanya mengkonsumsi nasi dengan sayuran yang di tumis, padahal Anda butuh asupan protein. Entah dari protein nabati berupa tahu dan tempe maupun protein hewani, serta beragam mineral dari buah dan aneka jenis sayur serta daging. Usahakan untuk mengatur menu harian agar kandungan nutrisinya seimbang, barulah bisa dikatakan sebagai santapan sehat agar mendatangkan manfaat bagi tubuh.

  1. Selalu menyimpan persediaan buah-buahan,

Menjelang jam makan kadang perut sudah lebih dulu merasa lapar, wajar memang terutama di jam 9 pagi dan jam 4 sore. Kalau sudah merasa lapar baiknya tidak langsung makan besar karena bisa memicu obesitas dan efeknya buruk bagi kesehatan. Cobalah untuk menyediakan camilan sehat di rumah seperti buah-buahan segar, dan agar hemat belanja saja di penjual keliling ataupun pasar tradisional. Kualitasnya bahkan di atas buah-buahan yang dipajang di rak supermarket ternama, jadi jangan gengsi untuk membelinya.

  1. Rutin menyiapkan bekal untuk keluarga,

Percuma jika kegiatan makan masakan rumahan hanya berlaku untuk sarapan dan makan malam. Sementara makan siang dilakukan di kantin sekolah, kantin kantor, kafe, restoran, dan sejenisnya yang cenderung menyediakan makanan kurang sehat. Ada baiknya terbiasa untuk menyiapkan bekal bagi keluarga dengan maksud membiasakan mereka murni menyantap olahan dari rumah sendiri. Sediakan tepak nasi sesuai jumlah keluarga dan masak di pagi buta untuk sarapan dan bekal, sehingga sehari-hari tidak lagi makan makanan yang sembaranga

comments