Suzuki secara resmi sudah meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Suzuki XL7 pada tanggal 15 februari 2020 kemarin. Suzuki Xl7 adalah mobil dengan varian SUV dengan model Ertiga. Alasan kenapa dinamakan XL7 adalah karena model ini nantinya akan bersaing dan beradu dengan Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush, Honda BRV dan Daihatsu Terios.

Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Suzuki XL7

Keluaran terbaru xl7 rilis di awal tahun ini tentu saja bentuk usaha dari Suzuki dalam menyaingi penjualan dari Mitsubishi Xpander Cross sebagai pemain lama. Lalu sebenarnya ada apa saja sih dari Suzuki XL7 ini? Berikut adalah fakta mengenai Suzuki XL7 baru yang harus anda ketahui.

1. Arti Nama XL7

Memberi nama XL7 tentu saja bukan menjadi hal yang baru untuk Suzuki. Hal ini sebab pada produk terdahulu mereka juga sempat memberikan imbuhan “XL7”, sebut saja Grand Escudo XL7 yang dirilis pada tahun 2003 lalu. Lalu sebenarnya apa arti nama dari XL7 ini? XL sendiri merupakan singkatan dari Xtra Large yang berarti mempunyai ruang kabin yang lebih besar.

Lalu apa arti angka 7 dibelakang? untuk arti dari penggunaan angka 7 dibelakang nama adalah untuk menggambarkan jumlah penumpang yang mampu ditampung oleh mobil ini. Artinya mobil Suzuki XL7 baru ini mampu memuat 7 penumpang sekaligus saat digunakan berkendara.

2. Menggunakan Platform Ertiga

Bukan hal yang aneh lagi ketika pabrikan mobil membuat produk dengan sharing platform. Sama halnya yang terjadi pada Suzuki, dalam pembuatan Suzuki XL7 baru ini dibuat menggunakan platform Heartech yang juga dipakai oleh Ertiga. Dimana platform ini memang didesain untuk memudahkan Suzuki dalam membuat produk kendaraan.

Namun meskipun menggunakan platform Ertiga, Suzuki memberi desain baru pada produksi mobil mereka yang satu ini. Setidaknya Suzuki XL7 ini memiliki dimensi yang lebih besar jika dibandingkan dengan Ertiga. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil tentu saja membuat XL 7 ini cocok untuk jalanan di Indonesia.

3. Fitur Yang Berlimpah

Suzuki XL7 baru ini memiliki fitur yang lebih berlimpah dibandingkan dengan Ertiga. Apalagi bagi tipe tertinggi dari XL7 yaitu Alpha. Setidaknya terdapat fitur andalan dari mobil ini yaitu E-smart Mirror, Kurva tenaga dan torsi, Layar MID yang bisa menampilkan informasi mengenai G-Motion dan juga teknologi dalam pengereman saat berkendara. Agar lebih lengkap, Suzuki juga menambahkan fitur smart keyless entry, electronic stability, Engine start stop button dan juga pengaturan AC digital.

4. Bukan Model Terjangkung

Kehadiran dari Suzuki XL7 baru ini seolah akan menjadi jawaban dari Suzuki Indonesia mengenai tantangan dari merk-merek mobil kompetitor. Kebanyakan mobil LSUV yang hadir ke Indonesia ini memiliki tinggi yang seakan beradu. Namun perlu anda ketahui jika Suzuki XL7 ini bukan model yang terjangkung loh, sebab hanya memiliki ground clearance 200mm dimana berarti lebih rendah jika dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander Cross dan Terios.

5. Belum DIlengkapi Fitur Auto Door Lock

Walaupun dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Namun sayangnya keluaran terbaru xl7 ini masih belum dilengkapi dengan fitur unggulan lainnya yaitu auto door lock. Fitur ini sering dipakai di mobil-mobil dengan harga diatas 300 jutaan. Cara kerja fitur auto door lock ini adalah saat mobil berjalan dengan kecepatan tinggi, otomatis pintu akan terkunci untuk meningkatkan keamanan saat kita berkendara.

6. Akselerasi Lebih Tinggi Dari Ertiga

Walaupun memiliki mesin yang sama yaitu 1.500cc dengan 4 silinder. Namun akselerasi dari Suzuki XL7 baru memiliki akselerasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Ertiga loh. Setidaknya untuk menempuh kecepatan 100 km/jam Suzuki XL7 baru ini hanya membutuhkan waktu 13,3 detik, sedangkan untuk Ertiga membutuhkan waktu 13,7 detik. memang sih angka ini hanya selisih sedikit, namun akselerasi ini lebih baik ketimbang dengan kompetitor lainnya yang kebanyakan membutuhkan waktu 14 detik untuk mencatat kecepatan 100km/jam.

 

comments