sakit gigi berlubang
sakit gigi berlubang

Kepala terasa pusing, sementara gusi berdenyut-denyut, sakit gigi memang begitu menyiksa, kita tidak bisa makan dengan nyaman dan juga terkadang sampai tidak bisa tidur karena saking mengganggunya. Sakit gigi pada umumnya terjadi karena gigi berlubang yang lambat laun semakin parah hingga menyebabkan sakit tidak terperi. Kerusakan gigi ini awalnya mengikis enamel dan dentin gigi sehingga mengenai saraf dan menyebabkan gigi sensitif dan pada akhirnya terasa sakit.

Obat sakit gigi berlubang ya mau tidak mau kita perlu menemui dokter gigi untuk menyembuhkan kerusakan gigi tersebut. Tetapi terkadang kita tidak bisa pergi ke dokter sesegera mungkin, lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa nyerinya? Berikut adalah beberapa cara yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika sakit gigi. Ini adalah pertolongan jangka pendek untuk mengurangi rasa sakitnya.

Berkumur dengan Air Garam

Cara yang pertama untuk meredakan rasa sakit gigi adalah dengan berkumur dengan air asin hangat. Campurannya adalah 1/2 sendok teh garam dicampur dengan segelas besar air hangat. Lakukan berkumur dan jangan menelannya, kita juga bisa menggosok gigi yang sakit dengan lembut untuk menghilangkan bagian makanan yang mungkin tersangkut disana.

Kompres dingin

Jika sakit gigi cukup parah hingga menyebabkan wajah bengkak, kompreslah pipi dengan es, ini dapat membantu meringankan rasa sakit. Pembengkakan ini bisa berarti gusi memiliki abses, kantung nanah dan akar yang dalam di gigi. Ini dapat menyebabkan infeksi serius pada rahang dan gigi lainnya. Tanda-tandanya lainnya termasuk demam dan gusi merah. Segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

sakit gigi
sakit gigi

Minyak cengkeh

Obat alami ini bisa meredakan rasa sakit. Gosok langsung pada area yang sakit, atau rendam bola kapas dan oleskan pada gigi dan gusi. Ini mungkin sama efektifnya dengan benzocaine yang bisa menimbulkan mati rasa untuk sementara waktu.

Bawang putih

Cara selanjutnya adalah cobalah untuk mengunyah sepotong bawang putih, atau meletakkan potongan bagian yang sudah dicincang pada gigi yang sakit. Ini akan meredakan sakitnya, walaupun mungkin bau bawang putihnya akan sangat kuat.

Penghilang Rasa Sakit

Dokter gigi menyarankan asetaminofen untuk anak-anak. Sementara untuk orang dewasa, pilihlah obat-obatan yang dijual bebas, seperti ibuprofen. Jika memilih aspirin, kita harus menelannya dan jangan meletakkannya di gigi atau gusi yang sakit! itu tidak akan efektif dan justru dapat membahayakan bagian dalam mulut.

Hindarilah mengkonsumsi makanan manis, makanan dan minuman yang sangat panas atau dingin yang dapat memperparah nyeri gigi berlubang. Sikatlah gigi dengan hati-hati dan lakukan dengan teratur, penting untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Makan makanan lunak seperti yogurt, sup dan bubur akan sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri karena tidak memerlukan banyak mengunyah.

comments