rambut rapuh

Rambut kering dan rapuh tidak boleh dianggap remeh, karena dapat membuat penampilan kita menjadi tidak maksimal. Sebagai mahkota dari tubuh, Rambut harus dirawat dengan baik agar kondisinya dapat menjadi lebih sehat. Penyebab rambut rapuh bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari penataan rambut yang tidak tepat, hingga kondisi medis, seperti kekurangan gizi, hipotiroidisme, dan defisiensi biotin.

Rambut rapuh pada dasarnya adalah kombinasi rambut lepek, rambut bercabang, kusam, dan kering. Untuk dapat mengatasi kondisi rambut ini, sebaiknya kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa alasan yang dapat membuat rambut rontok.

Perawatan rambut yang berlebihan

Ini termasuk menggunakan blow dryer, catok rambut, alat pengeriting rambut, dan perangkat sejenis lainnya. Tahukah kamu bahwa pengering rambut yang memanaskan hingga lebih dari 175 derajat celcius pada dasarnya dapat membuat rambut menjadi kasar, dan juga rapuh.

Perawatan kimia

Perawatan kimia, seperti bleaching dan mewarnai rambut, dapat menanggalkan lapisan kutikula rambut dan menembus ke lapisan korteks tengah. Lapisan ini merupakan struktur yang menentukan warna, tekstur, serta kekuatan rambut. Jika sudah demikian maka akan dapat dipastikan hal itu dapat merusak penampilan dan kesehatan rambut dari akarnya. Perawatan kimia berulang justru akan membuat rambut kusam.

Nutrisi buruk

Pola makan juga mengambil peranan penting untuk kesehatan rambut. Jika kita kekurangan asupan protein dan vitamin itu akan dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh, kusam, dan kering. Rambut tidak akan menerima nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan memperbaiki sendiri. Nutrisi yang buruk tidak hanya membuat rambut rapuh, tetapi juga bisa menyebabkannya rontok. Untuk rambut sehat, makan makanan yang kaya akan Vitamin A, C, D, dan E.

Cuaca

Biasanya rambut akan menjadi lebih rapuh di musim panas. Paparan sinar matahari yang terlalu banyak dapat membuat rambut kering, dan membuatnya mudah rusak. Namun, bulan-bulan musim panas bukan satu-satunya penyebab, bahkan ketika kita sering berada di dalam ruangan yang terlalu panas dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik juga dapat membuat rambut sangat kering dan rapuh.

Memilih Shampo yang salah

Rambut setiap orang berbeda, itulah sebabnya shampo yang cocok untuk temanmu mungkin belum tentu cocok untuk rambut kita. Itu sebabnya, penting untuk berhati-hati saat memilih sampo.

Untuk rambut yang rapuh, cobalah untuk menggunakan Dove Dryness Care Shampoo dan Conditioner. Kompleks Pro-Moisture yang mampu memelihara helai rambut dari tingkat sel dan melindunginya dari kerusakan.

Perubahan hormon dan stress

Pergeseran fisiologis dalam tubuh dapat disebabkan oleh obat-obatan, menopause, serta kehamilan. Perubahan ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang pada gilirannya, memiliki efek buruk pada rambut. Efek-efek ini muncul dengan berbagai cara, termasuk kerapuhan dan kekeringan.

 

comments