logistik
logistik

Selama 10 tahun terakhir ini, trend belanja online semakin meningkat. Banyak orang yang memilih untuk melakukan pembelian online untuk apa saja, mulai dari bahan makanan, produk fashion, sepatu bahkan hingga peralatan rumah tangga. Hanya dengan smartphone, kita bisa memilih barang yang di inginkan, membayarnya dan setelahnya cukup menunggu kurir mengantarkan barang pesanan tersebut.

Kemudahan dalam transaksi, berburu diskon, dan membandingkan harga adalah berbagai kelebihan yang membuat belanja online terasa menyenangkan. Bahkan di masa pandemi seperti sekarang ini, belanja online menjadi sebuah solusi untuk mengurangi kegiatan di luar rumah.

Kenapa Trend Belanja Online terus meningkat?

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa belanja online kini menjadi trend yang begitu booming? Hal ini ternyata tidak lepas dari faktor bahwa Indonesia kini memiliki jumlah kelas menengah yang cukup besar, menurut data hampir 52 juta jiwa. Masyarakat kelas menengah ke atas inilah yang tergolong aman secara finansial kemudian membentuk perilaku berbelanja online.

Selain itu, hal ini juga didukung oleh meningkatnya penetrasi smartphone dan internet yang kemudian membuka akses ke toko online, penjual media sosial, dan aplikasi. Setengah dari populasi Indonesia adalah pengguna internet dan media sosial yang aktif. Statista memperkirakan bahwa pada tahun 2020 Indonesia akan memiliki 81,8 juta pengguna smartphone.

Dukungan Logistik yang semakin Efektif

Ritel online akan terus mendapatkan popularitasnya di masa depan. Pada titik inilah Perusahaan logistik juga memainkan peran kunci dalam menyediakan layanan manajemen rantai pasokan yang mampu berkembang dengan perubahan kebiasaan belanja konsumen.

Perusahaan Logistik harus fleksibel

Sebelum trend e-commerce tiba, logistik tradisional hanya bekerja dengan alur sederhana, memindahkan barang dari pusat manufaktur ke pusat konsumsi. Sementara kini, layanan logistik pada era e-commerce, bagaimanapun, harus mendukung kombinasi mekanisme pengiriman dengan fleksibel. Seperti pengiriman satu-ke-banyak, satu-ke-satu dan banyak-ke-satu tergantung ketersediaan barang dagangan dan tujuan pengiriman.

Ketika pangsa e-commerce di kota-kota metropolitan dan daerah pinggiran kota terus tumbuh, kebutuhan untuk perusahaan logistik agar meningkatkan operasi masih sangatlah penting.

Gratis Ongkir, Mudah return, dan Opsi Multi-Pengiriman

Logistik kini dituntut untuk semakin efisien, dengan harga yang semakin terjangkau dan waktu pengiriman yang semakin singkat. Konsumen sebisa mungkin jangan sampai kecewa karena barang yang dipesan lama datangnya.

Sementara dari sisi seller, dapat memikat pelanggan melalui program gratis ongkir dan opsi pengembalian barang yang mudah, dengan harapan memenangkan kepercayaan hati konsumen. Singkatnya, penjual berupaya memberi pelanggan pengalaman belanja yang lancar dan menyenangkan.

Untuk menangani masalah skalabilitas yang dituntut oleh permintaan pasar e-commerce yang tumbuh secara drastis, dibutuhkan penyedia layanan logistik yang memiliki jaringan terencana dengan baik, dan rantai pasokan yang ditempatkan secara strategis.

SELOG melayani courier service untuk b2b

PT. Serasi Autoraya yang juga merupakan perusahaan dibawah bendera Astra, memiliki unit bisnis yang bergerak di bidang logistik yakni SELOG. Pelayanan kurir terbaik dengan konsep B2B, kehadirannya ini sejalan dengan tantangan era 4.0 di bidang E-comerce.

SELOG terus berupaya meningkatkan kinerja guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberikan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam, termasuk jasa pengantaran. Dengan beberapa Layanan yang bisa dipilih yakni meliputi same day service, next day service, dan regular service.

SELOG saat ini telah didukung oleh 100 fasilitas warehouse dengan total kawasan gudang penyimpanan mencapai sekitar 8,67 hektare. Ada lebih dari 1.600 unit truk dengan 12 kapal angkut yang memperkuat armada SELOG. Ada lebih dari 935.000 pengiriman kargo tercatat setiap tahunnya.

 

comments