Honda Genio pabrikan Astra Honda Motor ini baru dirilis 21 Januari 2020 lalu dan telah siap bersaing di segmentasi 110 cc. Skutik modern ini menawarkan konsep desain klasik yang jika sekilas dilihat mirip dengan Honda Scoopy. Walau kedua model dari Honda tersebut agak mirip, pasarnya berbeda karena Honda Genio lebih menyasar konsumen new entry.

Karena target pasarnya adalah pasar new entry, harga Honda Genio terbilang cukup terjangkau untuk motor skutik lain di kelasnya. Namun, fitur dan spesifikasi skutik ini sendiri tak kalah dengan para kompetitornya. Salah satunya adalah berkat Honda Genio punya rangka dan mesin generasi paling baru.

Rangka dari  skutik Genio mengadaptasi teknologi Enhanced Smart Architecture Frame, yakni membuatnya lebih ringan dan tetap kokoh. Ini karena rangkanya diproduksi dengan melalui proses press dan laser welding. Sementara pada bagian mesin, Genio dibekali mesin Enhanced Smart Power yang punya kapasitas kubikasi sebesar 110 cc SOHC dengan kompresi yang lebih padat atau perbandingannya ada di 10:1. Dengan mesin demikian, dapat dikatakan ini menjadi salah satu keunggulan Honda Genio.

Selanjutnya dalam review motor Honda Genio, mari lihat tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mesinnya. Spesifikasinya membawa performa sebesar 6,6 kW pada 7.500 rpm, torsi puncak di 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Pastinya ini akan membuat skutik Genio sanggup melaju dengan lincah dan lebih responsif saat berakselerasi, begitu andal untuk menerjang kemacetan!

Skutik terbaru Honda ini mampu menempuh jarak 0 – 200 m dalam 12,4 detik dan kecepatan maksimalnya mampu menginjak 94 kilometer per jam. Kelebihan lainnya sangat diincar para pengendara motor, karena konsumsi bahan bakar Genio sangatlah irit, yakni motor ini konsumsi bahan bakarnya dapat mencapai 59,1 km per liter. Maka dari itu, Honda Genio cocok dijadikan pilihan untuk para pengendara yang ingin motornya punya akselerasi oke dan tetap irit bensin.

Masuk ke review motor Genio pada segi eksteriornya. Dapat terlihat kalau Honda Genio mengusung desain bodi yang unik. Menawarkan konsep desain klasik, namun Genio tetap dapat tampil modern karena turut dikombinasikan dengan gaya casual yang kekinian. Konsep desainnya tersebut diaplikasikan pada tiap sisi bodinya. Mulai dari penggunaan lampu depan dengan ciri khas skutik klasik, namun teknologinya sudah canggih karena dilengkapi LED agar penerangannya lebih maksimal di segala kondisi.

Sementara itu, diketahui Honda juga memberikan flipboard atau pijakan kaki pada desain Genio yang bisa disesuaikan posisi riding-nya. Pengendara tentunya akan merasa jauh lebih nyaman karena posisi riding orang kadangkala bisa berbeda – beda tingkat kenyamanannya. Joknya juga tak kalah unggul. Meski cukup standar, jok Genio yang dibuat memanjang ini didesain sangat ideal untuk lekukannya sehingga dapat memberikan posisi berkendara yang sangat nyaman. Kemudian pada bagian bagian belakangnya, terdapat stoplamp modern masih dengan desain yang klasik, meski secara sekilas desainnya dapat dibilang agak mirip Scoopy dan cukup kentara.

Review motor Genio selanjutnya dapat dilihat dari fitur – fitur canggih lainnya yang dimiliki skutik modern ini, sebut saja berbagai fitur keamanan dan kenyamanan dalam berkendara seperti CBS (Combi Brake System), Idling Stop, dan juga panel indicator. Dengan kelengkapan fitur tersebut, akan sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan berkendara agar hasilkan performa yang oke sesuai dengan keinginan pengendara motornya.

Apabila melihat secara keseluruhan konsep desain Honda Genio ini, dapat dikatakan modelnya lumayan premium. Terutama disandingkan dengan spesifikasinya yang canggih, harga Genio bahkan bisa dibilang relatif murah. Bicara soal harga Genio, motor ini memang dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat. Coba saja lihat daftar harganya di bawah ini.

  • Honda Genio CBS-ISS – 17,98 Juta
  • Honda Genio CBS – 17,98 Juta

Bagaimana? Cukup terjangkau, bukan? Seperti yang sudah disebutkan, Genio memang menargetkan pasaran new entry. Jadi, wajar kalau harganya terjangkau namun punya  spesifikasi yang mumpuni.

Sekian review motor kali ini yang membahas Honda Genio. Semoga membantu!

 

comments